Format Liga 1 2021/2022 Berseri di 6 Kota

Indo Sport277 Views

Indonewsdaily.com – Format 6 seri yang akan terjadi di Liga 1 2021 akan dirundingkan kembali dengan para klub dalam club meeting. Besar kemungkinan format itu akan segera digunakan karena minimnya keluhan dari para klub untuk format baru.

Liga 1 juga batal menerapkan sistem home-away dengan klub-klub yang ada di Pulau Jawa yang bermain di kandangnya masing-masing. Kompetisi tetap di diadakan di Jawa, tetapi formatnya yang akan diubah.

Hal ini akan menjadi pertama kali yang telah diketahui dari pemaparan rencana penyelenggaraan kompetisi saat PSSI, PT Liga Indonesia Baru (LIB), menggelar Rapat Koordinasi dengan Polri, pada hari Senin (24/5/2021). Format baru ini masih menjadi sebuah rencana, belum bersifat mutlak.

“Nanti akan dirapatkan kembali di klub meeting, karena kami juga telah menantikan masukan-masukan baru yang lebih baik dari para club,” kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport soal masalah kepastian penerapan format baru di Liga 1 2021.

Rencana dalam penerapan format baru juga terbilang mengejutkan karena PSSI dan PT LIB tidak pernah mengungkapkannya sebelumnya. Adapun PSSI yang dalam beberapa kesempatan telah menyebut bahwa mereka mau kompetisi akan tetap berlangsung seperti biasa, hanya lokasinya saja yang saat ini akan sentralisasi di Pulau Jawa saja.

PSSI dan PT LIB telah menilai bahwa format itu adalah yang terbaik buat semua peserta yang akan berkompetisi di kompetisi Liga 1 musim 2021. Sejauh ini pun tidak ada suara sumbang dari para klub yang merasa tidak puas dengan rencana tersebut.

“Rencananya begitu, tak ada tim tuan rumah. Biar fair buat tim yang dari luar Jawa. Tetap menggunakan full kompetisi, lokasinya saja yang berubah musim ini,” ujar Lukita.

“Wacana ini telah muncul dari diskusi antara PSSI dan LIB. Kami juga telah mendapat masukan juga dari beberapa klub,” ucapnya.

Adapun agenda Managers Meeting antara PT LIB dengan para klub akan yang akan digelar paling lambat pertengahan pekan ini. Kemungkinan juga akan digelar secara virtual saja karena para klub juga baru kembali seusai mereka ikut Kongres PSSI yang sempat diadakan di Jakarta pada hari Sabtu (29/5), lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *