Hasil GP F1 Arab Saudi: Hamilton Berhasil Menjadi Juara

Indonewsdaily.com – Perebutan gelar juara dunia F1 2021 ditentukan di seri terakhir. Ini setelah Lewis Hamilton memenangkan duel sengit dengan Max Verstappen di GP F1 Arab Saudi.

Pada balapan perdana GP Arab Saudi di Sirkuit Corniche Jeddah, Senin (12/6/2021) dini hari WIB, Hamilton yang merebut pole position berusaha mempertahankan posisinya. Sementara Verstappen yang start dari posisi ketiga berusaha melewati Hamilton dan Valtteri Bottas.

Hamilton langsung tancap gas di lap pertama dan mempertahankan keunggulan Bottas dengan selisih 1,4 detik dan 1,2 detik dari Verstappen. Posisi itu setidaknya bertahan hingga memasuki lap ke-10.

Sebelum balapan dihentikan karena bendera merah menyusul insiden tersebut Mick Schumacher menabrak tembok. Nah, balapan dilanjutkan lagi tapi hanya empat lap yang berhenti lagi.

Bendera merah dikibarkan untuk kedua kalinya karena kecelakaan yang melibatkan Sergio Perez, George Russell dan Nikita Mazepin. Saat itu, Verstappen memimpin balapan karena belum memasuki pit stop, sedangkan Hamilton dan Bottas sudah lebih dulu tiba.

Saat mobil kembali ke paddock, Verstappen langsung mengganti ban dan hal itu diperbolehkan meski balapan dihentikan lagi. Alhasil, Verstappen memiliki keunggulan yang cukup besar atas Hamilton.

Memasuki lap ke-30 atau hampir sepertiga sisa balapan, Verstappen masih memimpin balapan. Hamilton yang tak mau menyerah terus menguntit Verstappen.

Pada lap 39, terjadi insiden saat Hamilton berusaha menyalip Verstappen. Hamilton berhasil tetapi Verstappen menyalip saingannya di luar trek, yang membuatnya mendapatkan penalti lima detik.

Setelah itu, keduanya terlibat insiden lagi karena Hamilton menabrak bagian belakang mobil Verstappen. Meski sempat membalap dengan sayap depan mobilnya rusak, Hamilton masih mampu menyalip Verstappen di lap 43 atau tujuh lap hingga finis.

Verstappen, yang kesulitan mengejar ketertinggalan akibat ban mobilnya yang rusak, akhirnya harus puas finis kedua, sementara Hamilton melintasi garis finis untuk pertama kalinya. Bottas melengkapi posisi tiga besar.

Tambahan 25 poin ini membuat Lewis Hamilton kini menyamai perolehan poin Max Verstappen di klasemen sementara F1, yakni 369,5 poin. Itu artinya keduanya akan berlaga mati-matian di seri final di Abu Dhabi 12 Desember mendatang.

Hasil F1 GP Arab Saudi 2021

1 Lewis Hamilton GBR Mercedes AMG Petronas Formula Satu Tim 50 Lap

2 Max Verstappen NED Red Bull Racing + 11,825 detik

3 Valtteri Bottas FIN Tim Formula Satu Mercedes AMG Petronas + 27.531 detik

4 Esteban Ocon FRA Alpine F1 Team + 27.633 detik

5 Daniel Ricciardo Tim F1 McLaren AUS + 40,121 detik

6 Pierre Gasly FRA Scuderia AlphaTauri Honda + 41.613 detik

7 Charles Leclerc MON Scuderia Ferrari Mission Winnow + 44.475 detik

8 Carlos Sainz ESP Scuderia Ferrari Mission Winnow + 46.606 detik

9 Antonio Giovinazzi ITA Alfa Romeo Racing Orlen + 58.505 detik

10 Lando Norris GBR McLaren F1 Team + 61.358 detik

11 Lance Stroll BISA Aston Martin Sadar Tim Formula Satu + 77.212 detik

12 Nicholas Latifi CAN Williams Racing +83.249 detik

13 Fernando Alonso ESP Alpine F1 Team + 1 Lap

14 Yuki Tsunoda JPN Scuderia AlphaTauri Honda + 1 Lap

15 Kimi Raikkonen FIN Alfa Romeo Racing Orlen + 1 Lap

 

DNF

Sebastian Vettel GER Aston Martin Sadar Tim Formula Satu DNF

George Russell GBR Williams Balap DNF

Sergio Perez MEX Red Bull Racing DNF

Nikita Mazepin RUS Uralkali Haas F1 Tim DNF

Mick Schumacher GER Uralkali Haas Tim F1 DNF

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *