Max Verstappen Menjadi Orang Belanda Pertama yang Menjadi Formula 1Juara Dunia

Indonewsdaily.com – Pembalap Red Bull Racing Max Verstappen membuat sejarah setelah menjadi juara dunia F1 2021. Verstappen menjadi orang Belanda pertama yang melakukannya.

Verstappen bertarung hingga putaran terakhir F1 2021 di GP Abu Dhabi, Minggu (12/12/2021) malam WIB, dengan juara bertahan Lewis Hamilton. Keduanya memiliki 367,5 poin.

Artinya siapa pun yang memenangkan GP ini berhak menyandang status juara dunia. Sebab, pertarungan sudah berlangsung sengit sejak lap pertama.

Hamilton berhasil menyalip Verstappen yang merebut pole di tikungan pertama. Persaingan antara keduanya berlangsung sengit sejak awal.

Hamilton mampu menyalip Verstappen. Kedua pengendara kemudian bertabrakan di tikungan. Setelah itu, Verstappen terus menempel erat pada Hamilton yang sepertinya sulit untuk disalip.

Namun, momentum Verstappen datang ketika safety car muncul dengan tiga lap tersisa karena Nicholas Latifi menabrak tembok. Pada lap terakhir, Verstappen kemudian menyalip Hamilton yang bannya sudah aus.

Verstappen mempertahankan pole position hingga akhir balapan dan berhak merayakan gelar juara dunia pertamanya. Verstappen finis dengan 394,5 poin di klasemen F1, unggul enam poin dari Hamilton di urutan kedua.

Ini merupakan pesta besar bagi Verstappen dan juga masyarakat Belanda yang akhirnya melihat sang pebalap menjadi juara dunia. Pasalnya, ini merupakan kali pertama pebalap Negeri Kincir Angin itu menjuarai F1.

Tak hanya itu, Max Verstappen juga sukses mengakhiri puasa gelar juara dunia F1 Red Bull Racing yang sudah berlangsung sejak 2013. Saat itu, Red Bull berjaya bersama Sebastian Vettel yang menjadi juara F1 periode 2010 hingga 2013.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *