Kurang Lebih 161 Hewan Ternak Milik Warga Lumajang Mati Akibat Erupsi Gunung Semeru

Indonewsdaily.com, Lumajang – Pasca Erupsi Gunung Semeru yang terjadi Senen (4/12) sore kemarin, tidak hanya memakan korban jiwa, namun juga hewan ternak warga sekitar tercatat 161 mati akibat ganasnya awan panas guguran gunung Semeru.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, juga mencatat sedikitnya 138 ekor kambing dan 23 ekor sapi atau total 161 hewan ternak yang mati milik warga Kabupaten Lumajang.

“Data sementara itu hewan ternak yang mati. Bahkan, ada beberapa yang sudah dievakuasi,” ungkap Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang drh. Rofiah, Senin (6/12/2021).

Diungkapkan drh. Rofiah, adapun data sementara hewan ternak mati yang telah tercatat per 6 Desember 2021, diantaranya di Desa Sumberwuluh tercatat hewan ternak kambing sebanyak 50 ekor dan hewan ternak sapi sebanyak 4 ekor. Kemudian, di Desa Supiturang tercatat hewan ternak kambing sebanyak 88 ekor dan hewan ternak sapi sebanyak 19 ekor.

Untuk saat ini, ujarnya, pihaknya masih melakukan evakuasi terhadap hewan ternak dibeberapa lokasi. Utamanya, yang di lokasi yang belum diakses oleh kendaraan biasa.

“Setelah hewan ternak berhasil dievakuasi, pemerintah akan memberikan bantuan berupa pakan ternak sebanyak 19 Ton, yang terdiri 5 Ton konsentrad dan 14 Hijauan pakan ternak yang akan didistribusikan hari”, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *