Honda Tengah Dituding Membangun Hanya Untuk Marc Marquez

Sumber foto: bola.net

Indonewsdaily.com – Sejauh ini, Honda dituding membangun hanya untuk Marc Marquez. Rekan setim Marquez, Pol Espargaro, menepis anggapan itu.

Setelah terjun ke kelas premier pada tahun 2013, Marquez langsung mendulang sukses besar. Pembalap Spanyol itu mendominasi kelas premier dengan meraih enam gelar juara dunia MotoGP dari delapan musim yang diikutinya. Alhasil, Honda diyakini fokus membangun RC213V agar cocok ditunggangi Marquez.

Namun, kesuksesan besar ini menjadi petaka bagi Honda ketika Marquez diganggu cedera sejak 2020. Tanpa Marquez, pabrikan asal Jepang itu terbukti ‘tak tergoyahkan’ setelah gagal meraih kemenangan sekalipun balapan usai Baby Alien cukup lama absen akibat cedera. lengan yang patah. Saat itu, prestasi terbaik mereka hanya dua runner-up, yang disumbangkan Alex Marquez di Le Mans dan Aragon.

Di MotoGP 2021, Honda akhirnya kembali ke podium tertinggi di Sachsenring. Namun, kemenangan kembali disumbangkan oleh Marc Marquez setelah pulih dari cedera. Pembalap berusia 28 tahun itu bahkan meraih dua kemenangan lainnya di Austin dan Emilia Romagna lalu finis di urutan keenam klasemen akhir, mengungguli Pol Espargaro (12) dan dua pebalap LCR Takaaki Nakagami (15) dan Alex Marquez (16).

Setelah musim mengecewakan itu, Honda mungkin gugup menghadapi MotoGP 2022 karena Marquez baru saja pulih dari gangguan penglihatan ganda (diplopia). Bahkan, Honda harus bersaing lagi untuk merebut gelar juara dunia yang sebelumnya diraih oleh Fabio Quartararo dari Yamaha.

Pol Espargaro menegaskan bahwa Honda membangun motornya berdasarkan masukan dari semua pengendaranya. Menurutnya, kesuksesan Marquez tak lepas dari skill individu.

“Saya tidak berpikir motor tua itu dibuat untuk Marc dan untuk alasan itu dia memiliki keuntungan besar,” kata Espargaro, dikutip dari Speedweek. “Sepeda motor dibangun berdasarkan pendapat para pebalap. Pembalap mengatakan sesuatu; para insinyur melakukan apa yang dikatakan pembalap dan pebalap mencoba melaju secepat mungkin.”

“Marc memang seperti itu dan dia jenius di motor tua karena gaya balapnya yang terbaik. Bukan karena motornya lebih cocok untuknya daripada pebalap lain. Hanya karena dia memang bagus,” jawabnya menanggapi tudingan Honda. membangun sepeda motor untuk Marc Marquez.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *