Indahnya Giok Nabire yang Diminati Pasar Dunia

Indonewsdaily.com, Nabire – Sumber Daya Alam (SDA) Kabupaten Nabire sangat melimpah selain terkenal dengan tanahnya yang subur dan kandungan emas, Nabire terkenal dengan hasil tambang berupa batu giok (jade).

Batu giok asal daerah ini sangat diminati pasar dalam hingga luar negeri. Ketua Komunitas Giok Nabire Papua (KGNP) Hardiknas Rachim mengatakan kualitas batu giòk asal Nabire sebanding Burma dan sangat diminati pasar dunia.

“Kualitas giok Nabire sudah teruji dan diakui pasar nasional maupun internasional,” katanya, Selasa (6/7/21).

Menurut pria asal Bone Sulawesi Selatan ini, Nabire memiliki batu giok kualitas premium dengan nilai jual puluhan jutaan rupiah untuk satu batu akik jenis jedeite jade.

“Harga pasaran giok Nabira termurah dikisaran Rp 300.000 dan termahal hingga puluhan juta rupiah,” tandasnya. Diakuinya satu cincin (batu akik) jadeite jade koleksinya pernah terjual dengan harga sekitar Rp 27.000.000;

Harga yang cukup fantastis dan sangat menjanjikan itu seyogianya mendapat atensi serius dari pemerintah daerah dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sekaligus ajang mempromisikan potensi yang dimiliki Nabire.

Diungkapkan Hardiknas bahan batu giok yang diproduksinya masih didapatkan dari limbah para penambang emas di Distrik Uwapa dan Makimi, yang tentu bahan dan kualitasnya masih terbatas.

“Perlu modal besar memang untuk mendapatkan giok kualitas yang dicari pasar dunia, yaitu kualitas imperial jade yang kemungkinan berada pada perut bumi terdalam,” pungkasnya.

Disinggung apakah ada penurunan atensi pasar dampak Covid – 19, pria low profile ini menyebutkan pasar giok masih stabil terutama pasar regional.

“Permintaan batu giok selama pandemi masih tergolong stabil terutama untuk pasar regional Papua, begitupun untuk pasar dalam dan luar negeri masih cukup bagus,” pungkasnya.

Dia berasumsi selama transportasi udara dan laut masih berjalan berarti pengiriman barang pun masih lancar selama itu pula peluang pasar masih terbuka. (Kur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *