Ini 6 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami dan Tanpa Obat

 

 

Foto: Ilustrasi

Indonewsdaily.com, – Penderita hipertensi biasanya harus minum obat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.  Selain obat, ada banyak cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan tanpa obat ini bisa dilakukan sebagai alternatif dan pendukung pengobatan dari dokter.

Berikut adalah 6 cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi secara alami dan tanpa obat seperti dilansir dari Medical News Today.

1. Perbanyak aktivitas fisik dan olahraga

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan detak jantung dan pernapasan Anda. Kondisi ini seiring waktu membuat jantung Anda lebih kuat dan memompa darah tanpa perlu bekerja keras. Ini lah yang mengurangi tekanan pada arteri sehingga mencegah kondisi hipertensi.

2. Menurunkan berat badan

Seseorang yang merasa memiliki kelebihan berat badan disarankan agar fokus diet. Menurunkan berat badan atau diet dapat dilakukan dengan olahraga, konsumsi makanan sehat, dan mengontrol konsumsi daging-dagingan serta makanan berkarbo.

Mengutip Healthline, sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang berhasil menurunkan berat badan dapat mengurangi tekanan darah rata-rata 3,2 mm Hg diastolik dan 4,5 mm Hg sistolik.

3. Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat

Banyak penelitian menunjukkan bahwa membatasi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan menurunkan tekanan darah.

Gula, terutama fruktosa, dapat meningkatkan tekanan darah Anda lebih dari garam. Gula dapat meningkatkan tekanan darah sebesar 5,6 mm Hg diastolik dan 6,9 mm Hg sistolik.

4. Konsumsi makanan mengandung kalium dan kurangi garam

Meningkatkan asupan kalium dan mengurangi garam juga dapat menurunkan tekanan darah. Kalium atau potasium memiliki fungsi ganda yaitu mengurangi efek garam sekaligus meredakan ketegangan di pembuluh darah.

Namun, terlalu banyak konsumsi kalium juga dapat berbahaya bagi pengidap penyakit ginjal. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum meningkatkan asupan kalium.

5. Berhenti merokok

Berhenti merokok memang sulit dilakukan. Namun, ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Merokok menyebabkan peningkatan tekanan darah dan peningkatan detak jantung Anda secara langsung tetapi sementara.

Dalam jangka panjang, bahan kimia dalam tembakau dapat meningkatkan tekanan darah Anda dengan merusak dinding pembuluh darah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *