Italia Menjadi Juara EURO 2020 Usai Kalahkan Inggris

Indonewsdaily.com – Timnas Italia yang telah sukses meraih gelar Piala Eropa 2020. Hal tersebut telah dipastikan usai Gli Azzurri berhasil mengalahkan Inggris 3-2 lewat adu penalti.

Final Piala Eropa yang telah mempertemukan Italia vs Inggris yang digelar di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Tim Tiga Singa telah mampu unggul cepat ketika pertandingan baru berjalan dua menit.

Umpan silang yang diluncurkan oleh Kieran Trippier dari sisi kanan menuju Luke Shaw yang saat itu tidak terkawal di tiang jauh. Shaw telah mampu menyambar bola untuk memperdayai kiper Gianluigi Donnarumma. Inggris telah berhasil unggul 1-0.

Tertinggal, Italia yang berhasil tampil menekan dan terus memburu gol penyama kedudukan. Upaya mereka untuk mencetak gol akhirnya berhasil membuahkan hasil pada menit ke-67. Leonardo Bonucci telah membobol gawang dari kiper Jordan Pickford yang memanfaatkan kemelut yang bermula dari sisi sepak pojok.

Italia semakin dominan usai skor imbang 1-1. Mereka telah berhasil mencatatkan penguasaan bola sebesar 62 persen dibanding 38 persen milik Inggris sepanjang 90 menit.

Namun, hingga waktu normal berakhir masih tidak ada gol tambahan yang tercipta. Laga telah berlanjut ke perpanjangan waktu.

Papan skor juga masih tidak berubah di 2×15 menit extra time. Juara Piala Eropa 2020 akhirnya harus ditentukan melalui adu penalti.

Pada babak tos-tosan, penendang pertama masing-masing tim yaitu Domenico Berardi dan Harry Kane yang sukses untuk menjalankan tugasnya.

Andrea Belotti yang telah menjadi penendang kedua Italia telah gagal menjalankan tugasnya. Harry Maguire yang saat itu membawa Inggris berhasil memimpin 2-1 setelah bisa mengecoh kiper Donnarumma.

Bonucci bisa menyetarakan angka menjadi imbang 2-2 dengan bisa menaklukkan Pickford. Marcus Rashford yang saat itu menjadi penendang ketiga Inggris sepakannya masih menimpa tiang.

Federico Bernardeschi telah membuat Italia berbalik memimpin dengan skor 3-2 setelah bisa mencetak gol. Donnarumma yang kemudian bisa menyelamatkan tendangan penalti dari Jadon Sancho.

Jorginho yang masih gagal menjalankan tugasnya sebagai penendang kelima Italia. Namun, Saka saat itu juga telah melakukan hal serupa. Italia berhasil menjadi juara usai menang 3-2 lewat adu penalti.

Ini merupakan gelar Piala Eropa pertama bagi Italia sejak tahun 1968. Mereka telah mengakhiri penantian selama 53 tahun yang diwarnai dua kali kekalahan di laga final.

Sebelumnya, Italia telah gagal menjadi juara usai tumbang di partai final pada Piala Eropa 2000 dan 2012. Mereka bahkan kalah di final dari Prancis 1-2 di Euro 2000 dan tumbang 0-4 dari Spanyol di Euro 2012.

Sementara untuk Inggris sendiri, kekalahan atas Italia telah membuat mereka mengubur mimpi meraih trofi Piala Eropa perdana sepanjang sejarah. Inggris juga masih harus melanjutkan puasa gelar di turnamen besar yang telah berlangsung selama 55 tahun sejak mereka menjuarai Piala Dunia tahun 1966.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *