Kabar Baik Bagi Pecinta Kopi, Rutin Minum Kopi Baik untuk Kesehatan Hati

Indonewsdaily.com, Jakarta- Banyak orang mengandalkan kopi sebagai minuman pembangkit stamina. Tapi di samping itu, kopi yang dikonsumsi secara rutin juga ternyata baik untuk kesehatan hati.

Kandungan kafein dalam kopi memang memberi banyak dampak positif pada tubuh. Tak heran kalau sebagian besar orang mengonsumsi kopi sebelum memulai aktivitas. Kopi juga terbukti bikin mata melek dan mengusir kantuk.

Jika dikonsumsi secara tepat, kopi juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Dilansir dari Eat This (24/7), manfaat konsumsi kopi kembali diungkap peneliti. Meminumnya secara rutin juga terbukti membantu menjaga kesehatan hati.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Public Health, orang yang sering minum kopi memiliki hati yang lebih sehat.

Para peminum kopi setidaknya memiliki risiko 21% lebih kecil terkena gangguan hati. Tak hanya itu, peminum kopi juga memiliki risiko 20% lebih kecil terkena penyakit hati kronis dan 49% lebih kecil risiko meninggal akibat masalah penyakit hati.

“Kopi dapat dinikmati dengan mudah dan berdasarkan penelitian, manfaatnya sangat besar untuk menjaga dan mencegah penyakit hati kronis,” kata Dr. Oliver Kennedy, peneliti dari fakultas kedokteran Universitas Southampton di Inggris.

Berikut beberapa manfaat kopi untuk menjaga kesehatan hati:

1. Rutin konsumsi kopi menjaga kesehatan hati
Lewat penelitian yang dilakukan di Inggris, kopi terbukti membantu menjaga kesehatan hati. Studi ini meneliti hampir 495.000 orang yang rutin mengonsumsi kopi selama hampir 12 tahun. Orang-orang yang mengonsumsi kopi hitam terbukti memiliki hati yang lebih sehat.

Manfaat kesehatan hati ini juga didapatkan pada orang yang mengonsumsi kopi instan. Para peneliti berpendapat bahwa kopi hitam memiliki kadar antioksidan yang dua kali lebih tinggi. Antioksidan pada kopi ini telah terbukti memiliki sifat anti-inflamasi.

2. Mengurangi risiko kanker hati
Sebuah studi yang dilakukan tahun 2017 menemukan fakta bahwa minum kopi mengurangi risiko kanker hepatoseluler atau kanker hati. Penelitian lain menunjukkan bahwa kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, dan gagal jantung.

Penelitian ini dilakukan untuk jenis kopi hitam, jadi usahakan untuk mengonsumsi jenis kopi hitam. Jika terbiasa minum kopi dengan tambahan gula atau krimer maka manfaatnya akan hilang.

3. Kopi melindungi organ hati
Sebuah penelitian terbaru mengenai manfaat kopi untuk hati yang dipimpin oleh Dr. Qian Xiao dari National Cancer Institute menemukan fakta bahwa orang yang minum tiga cangkir kopi secara rutin setiap hari memiliki 25% tingkat enzim hati lebih baik, dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi. Dari sini bisa disimpulkan bahwa kopi membantu menjaga kesehatan hati.

Lewat penelitian ini disimpulkan bahwa kebiasan minum kopi memberi efek positif pada hati. Yakni mencegah jaringan parut hati atau sirosis dari kerusakan. Meski demikian bukan berarti diperbolehkan mengonsumsi kopi secara berlebihan.

Menurut para ahli, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat disarankan untuk minum kopi tidak lebih dari 300 ml dalam sehari. Ukuran ini setara dengan 2-3 cangkir kopi hitam. Tapi ini bukanlah ukuran baku.

Setiap kopi memiliki karakter berbeda, mungkin diolah dengan cara berbeda, dan dipengaruhi kondisi tubuh seseorang. Jika sudah memiliki masalah hati kronis, sebaiknya konsultasikan dulu perihal porsi kopi yang aman dikonsumsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *