Kapan Waktu yang Tepat Konsumsi Vitamin? Berikut Penjelasan dokter Raisaa

Indonewsdaily.com, Jakarta- Vitamin merupakan suplemen yang baik untuk tubuh. Namun, waktu meminum vitamin harus dipertimbangkan agatlr manfaatnya yang masksimal untuk tubuh. Lantas kapan waktu yang tepat mengkonsumsi suplemen vitamin agar bisa mendapatkan manfaat yang maksimal. Berikut penjelasan dari Dokter spesialis gizi klinik, dr Raissa Edwina Djuanda.

Menurutnya dr Raissa mengkonsumsi suplemen bertujuan untuk melengkapi asupan nutrisi. Namun, jika seseorang dapat menjaga pola makan sehat dan seimbang, sebetulnya tidak terlalu membutuhkan tambahan nutrisi dari suplemen vitamin.

“Memang diutamakan nutrisi dari makanan sehari-hari. Kalau makanan kita sudah sehat, misalnya sudah makan sayur dan buah minimal 5 porsi sehari, ada karbohidratnya, ada proteinnya, ada lemaknya, vitamin, dan mineral, nah tentunya suplemen ini sifatnya tambahan jadi tidak diperlukan lagi,” kata dr Raissa, Kamis (8/7/2021).

Lebih lanjut dr Raissa menjelaskan suplemen vitamin mungkin baru dibutuhkan ketika seseorang sedang merasa tidak enak badan atau jatuh sakit. Beberapa studi melihat vitamin tertentu dapat membantu proses penyembuhan.

“Kecuali kalau kita memang dalam kondisi lagi sakit atau enggak enak badan, misalnya sekarang lagi pandemi atau terpapar orang positif COVID-19 yang erat dengan kita kontaknya, itu boleh-boleh saja ditambahkan (vitamin -red),” pungkas dr Raissa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *