Muncul Buaya di Sungai Sadar, Polisi Himbau Warga Hati-hati Beraktifitas di Sungai

Jawa Timur344 Views

 

Indonewsdaily.com, Mojokerto – Warga aliran sungai Sadar heboh dengan adanya kemunculan seekor buaya. Buaya dengan ukuran sedang itu muncul sekitar 30 menit. Hewan reptil dengan ukuran sekitar 2,25 meter itu muncul saat debit air sungai sadar sedang dangkal.

Kapolsek Ngoro Kompol Subiyanto menjelaskan, keberadaan buaya di Sungai Sadar sudah sejak lama diketahui warga Dusun Toyorono. Menurut dia, selama ini belum ada warga yang menjadi korban serangan buaya tersebut.

“Kata warga, itu (penampakan buaya) sejak zaman mereka kecil. Selama ini tidak meresahkan, tidak ada korban. Nampanya juga sangat jarang,” terangnya, Rabu (9/6/2021).

Meski begitu, Subiyanto mengimbau masyarakat selalu berhati-hati saat beraktivitas di Sungai Sadar. Dia juga meminta warga segera melapor jika melihat kemunculan buaya tersebut.

“Kalau menemukan supaya segera lapor. Segera kita tangkap ramai-ramai,” cetusnya.

Ia menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Sukoanyar. Yakni terkait perlu atau tidaknya memasang papan peringatan adanya buaya di Sungai Sadar.

“Itu (penampakan buaya) kan jarang ada. Jangan sampai dikasih itu (papan peringatan) malah meresahkan. Nanti kami koordinasi dengan kadesnya,” tandas Subiyanto.

Sebelumnya seekor buaya muncul di Sungai Sadar Kabupaten Mojokerto. Buaya dengan panjang sekitar 2-2,5 meter itu muncul di Sungai Sadar Dusun Toyorono, Desa Sukoanyar, Kecamatan Ngoro pada Minggu (6/6) siang. Sungai tersebut sekitar 100 meter dari permukiman penduduk.

Warga setempat Buaji mengatakan, buaya tersebut sangat jarang muncul ke permukaan Sungai Sadar. Menurut dia, biasanya buaya muncul di Sungai Brantas tidak jauh dari Sungai Sadar.

“Yang tahu anak-anak sini yang cari ikan dan mencari rumput di bibir sungai. Orang sini tidak heran karena sering muncul di Sungai Brantas. Tahun lalu muncul di Sungai Brantas,” kata Buaji.(man)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *