Pabrik Kain Mertex Terbakar, Sempat Terdengar Suara Ledakan

Indonewsdaily.com, Mojokerto – Kebakaran melanda pabrik kain PT Mertex di Jalan Bypass Mojokerto, Desa Lengkong, Mojoanyar, Mojokerto, Rabu (8/9/2021). Asap hitam nampak membumbung tinggi dari area dalam pabrik tersebut, warga sekitar bahkan sempat mendengar suara ledakan.

“Setelah tahu asapnya tiba-tiba ada bunyi dum. Saya kira ban meletus, ternyata dari pabrik. Meledak sekali,” ujar warga yang tinggal di sisi utara PT Mertex, Yus Kristiawan.

Seorang karyawan pabrik, Sutikno (52) mengatakan kebakaran terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Menurutnya, api berasal dari dalam gudang penyimpanan kapas bekas sisa produksi.

“Asal api dari gudang kapas bekas, kemungkinan karena korsleting listrik pada mesin pengepresan kapas yang mengenai kapas bekas,” kata Sutikno kepada wartawan di lokasi, Rabu (8/9/2021).

Dari gudang kapas bekas, lanjut Sutikno, api menjalar ke bagian produksi benang dan penenunan kain PT Mertex. Luas area pabrik yang terbakar diperkirakan 100×50 meter persegi.

“Sebagian karyawan membantu memadamkan api pakai hidran, lainnya keluar untuk menyelamatkan diri,” terangnya.

Hal senada dikatakan Wahyudi (56), karyawan PT Mertex. Menurut Wahyudi, api berasal dari gudang pengepresan kapas sisa produksi. Kapas menjadi bahan untuk membuat benang yang selanjutnya ditenun menjadi kain.

“Tidak tahu ada korban apa tidak. Kami tadi hanya ikut membantu pemadaman,” ungkapnya.

Hingga pukul 16.00 WIB, mobil PMK masih nampak keluar masuk dari dalam PT Mertex. Namun, satpam pabrik tidak mengizinkan para wartawan meliput ke dalam pabrik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *