Puluhan Orang dinyatakan Positif Covid – 19 di Kartum

Indonewsdaily.com, Nabire – Hasil pemeriksaan rapid antigen yang dilakukan PKM Karang Tumaritis (Kartum) selama 9 hari, yakni 21 – 29 Juni 2021 terhadap 53 orang terdapat 27 orang positif Covid – 19.

Hal itu diungkap Kepala PKM Kartum Suhirno. “Kami telah melakukan pemeriksaan rapid antigen selama 9 hari (21-29/6) terhadap 53 orang dan menemukan 27 orang positif Covid – 19,”kata Suhirno.

Adapun rincian pemeriksaan, pemeriksaan tanggal 21 Juni ditemukan 3 kasus, 24 Juni 4 kasus, 25 dan 26 Juni 9 kasus dan 11 kasus ditemukan tanggal 29 Juni.

Disinggung terkait warga mana dan kondisi seperti apa yang mendapat pemeriksaan rapid anti gen. Suhirno mengatakan, bahwa warga yang diperiksa mereka yang kontak erat dengan pasien terkonfirmasi corona di RSUD Nabire.

“Kita lakukan pemeriksaan terhadap warga yang berinteraksi erat dengan pasien terkonfirmasi selanjutnya kita tracing dan testing, dari puluhan warga yang kita testing hampir semuanya tanpa gejala atau OTG (orang tanpa gejala),” imbuhnya.

Puluhan orang yang dinyatakan positif Covid – 19 pihak PKM Kartum menyarankan pada OTG untuk melakukan isolasi mandiri. Selama isolasi OTG ini terus diawasi.

Adapun data warga berstatus kontak erat nenurut Suhirno, data itu berasal dari RSUD Nabire. “Jadi ketika ada pasien terkonfirmasi positif data itu akan dikirim ke PKM, jika data pasien itu berasal dari wilayah kerja kami maka kami akan segera bertindak dengan melakukan tracing dan testing,” jelasnya.

Selain data dari RSUD Nabire, data pun didapat PKM Kartum dari temuan tim baik puskemas maupun klinik kesehatan.

“Data ini kami dapatkan juga dari hasil temuan tim pelacakan penanggulangan Covid – 19 di puskemas dan klinik kesehatan wilayah kerja PKM Kartum,” tutupnya. (Kur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *