Selain Sehat, 7 Makanan Tinggi Protein Ini Bagus Agar Cepat Negatif Covid-19

Indonewsdaily.com, Jakarta – Situasi pandemi covid-19 yang masih terjadi membutuhkan kondisi tubuh yang bugar dan sehat agar imunitas dalam tubuh terus terjaga. Ada banyak hal yang bisa meningkatkan imun seperti berolahraga dan makan makanan sehat yang mengandung banyak nutrisi.

Salah satunya protein yang berperan penting dalam pembentukan daya tahan tubuh. Selain baik dalam mencegah paparan virus Corona, pasien Covid-19 juga disarankan mengonsumsi makanan tinggi protein. Hal ini agar proses penyembuhan mereka lebih cepat.

Untuk diketahui, kebutuhan protein harian orang dewasa adalah 45-55 gram. Namun jika sedang dalam masa penyembuhan Covid-19, jumlah asupan protein sebaiknya ditingkatkan.

Berikut 7 makanan tinggi protein untuk pulih atau negatif COVID-19.

  1. Dada ayam
    Menyebut makanan tinggi protein, dada ayam tanpa lemak menduduki posisi pertama. Tiap 100 gramnya mengandung 32.1 gram protein.

Dada ayam juga termasuk bahan makanan yang mudah diolah dan rasanya enak. Biasanya pelaku hidup sehat mengonsumsi dada ayam panggang dengan salad sayuran sebagai menu sehari-hari. Pastikan mengonsumsi dada ayam tanpa kulit agar kandungan kalorinya juga tak berlebih.

  1. Tuna
    Perusahaan Ini Ciptakan Ikan Tuna Vegan Berbahan Kacang-kacangan. Ikan tuna juga bisa kamu andalkan sebagai sumber protein. Tiap 100 gram fillet ikan tuna mengandung sekitar 29.9 gram protein.

Kelebihan lainnya, ikan tuna rendah lemak dan mengandung asam lemak omega 3 yang menyehatkan. Kamu bisa memanggang ikan tuna atau mengolahnya jadi sup jika suka.

  1. Daging sapi tanpa lemak
    Makanan tinggi protein selanjutnya adalah daging sapi, namun pilihlah yang rendah lemak agar asupannya tak membahayakan kesehatan. Dalam 100 gram daging sapi mengandung 28,7 gram protein.

Daging sapi juga mengandung zat besi, vitamin B12, dan banyak mineral penting lainnya. Konsumsi daging sapi dengan cara sehat, seperti dipadukan sumber serat dan tidak digoreng.

  1. Yogurt
    Selain dari sumber hewani, protein juga bisa diasup dari yogurt yang asam menyegarkan. Pilihlah yogurt yang rendah lemak dan alami. Hindari yogurt kemasan yang diberi banyak bahan tambahan.

Kalau ada, konsumsi Greek yogurt yang bisa mengandung 17 gram protein dalam tiap 170 gramnya. Kalorinya juga sedikit, hanya sekitar 100 kkal saja sehingga bisa dikonsumsi rutin oleh pelaku hidup sehat.

  1. Telur
    Menyebut makanan tinggi protein tak bisa meninggalkan telur. Bahan makanan serbaguna ini mengandung 12,6 gram dalam tiap 100 gramnya.

Bagian yang paling banyak mengandung protein adalah putihnya. Mengonsumsi telur juga bisa membuat tubuh mendapatkan asupan antioksidan, vitamin, mineral, dan lemak sehat.

  1. Almond
    Kacang populer sebagai camilan sehat. Untuk mendapat asupan protein, konsumsilah almond yang mengandung 6 gram protein dalam tiap 28 gramnya. Almond juga tinggi kandungan serat, vitamin E, hingga magnesium.

Jenis kacang lain yang juga tinggi protein adalah pistachio dan kacang mete. Jadikan kacang sebagai camilan sehat sehari-hari.

  1. Susu
    Satu lagi makanan tinggi protein yang bisa kamu konsumsi rutin. Selain itu, susu juga mengandung hampir tiap nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Dalam tiap cangkir susu sapi whole milk mengandung sekitar 8 gram protein. Bagi yang alergi pada laktosa, susu kedelai bisa dijadikan alternatif. Kandungan proteinnya 6,3 gram dalam tiap satu cangkirnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *