Wanita Wajib Tahu! Ini 3 Penyebab Kanker Payudara Selain Faktor Genetik

Indonewsdaily.com – Wanita seringkali dihantui dengan rasa khawatir terkena kanker, salah satunya adalah kanker payudara. Semakin bertambahnya usia, semakin besar pula resiko seorang wanita terkena kanker, yang paling banyak dialami oleh wanita berusia 50 tahun keatas, atau wanita yang sudah mengalami manopause.

Kanker payudara biasanya disebabkan oleh, gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Wanita dengan riwayat anggota keluarga yang pernah terkena kanker payudara juga berisiko tinggi mengalaminya juga. Namun kanker payudara juga tak melulu karena genetik, banyak pula hal lain yang dapat menyebabkan kanker payudara.

Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang wanita terkena kanker payudara :

  1. Obesitas
    Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan pemicu utama seorang wanita terkena kanker payudara. Terlebih lagi jika orang yang obesitas itu sudah memasuki masa menopause.

Dimana semakin parah obesitas yang dialami pasca menopause, semakin berlebih pula estrogen yang diproduksi.

  1. Konsumsi alkohol
    Bukan lagi rahasia, alkohol memiliki sederet imbas pada tubuh. Salah satu risiko terbesarnya, yakni kanker payudara.

Penelitian oleh National Cancer Institute (NCI) menunjukan, wanita dengan konsumsi alkohol yang rutin memiliki risiko kanker payudara jauh lebih besar dibandingkan yang jarang dan tidak minum sama sekali.

  1. Paparan radiasi
    Prosedur medis seperti sinar-X dan CT scan menggunakan radiasi. Pada kadar penggunaan tertentu, dapat meningkatkan risiko kanker payudara.

Pada pasien wanita yang menjalani radioterapi di area dada untuk limfoma Hodgkin, tak ada salahnya melakukan check up lebih lanjut untuk melihat potensi kanker payudara.

Berikut tanda-tanda jika seseorang terkena kanker payudara :
puting terlihat cekung
Perubahan bentuk dan ukuran payudara
Pengelupasan kulit di area puting dan payudara

Namun kabar gembiranya adalah kanker payudara merupakan jenis kanker dengan harapan sembuh yang besar. Mengacu pada American Cancer Society (ACS), kemungkinan setiap wanita meninggal akibat kanker payudara adalah sekitar 1 dari 38 (2,6%).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *