Papua  

PON XX Papua Su Dekat Kitorang Harus Su Vaksin

Indonewsdaily.com, Jayapura – Pelaksanaan PON XX Papua tinggal menunggu waktu. Sejumlah kegiatan penyelesaian dan pembenahan baik venue, fasilitas dan properti olahraga tengah dipersiapkan PB PON dengan baik. Program vaksinasi di Papua pun dipercepat demi suksesnya perhelatan nasional 4 tahunan itu harus bisa terlaksana dan sukses.

PON XX Papua yang digadang-gadang bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Papua. Sudah tentu dikhawatirkan tidak bisa terlaksana dengan baik, pandemi Covid-19 yang belum juga sampai di garis finish berdampak minimnya masyarakat yang menonton. Pemerintah menilai efektif Percepatan vaksinasi di Papua, terutama masyarakat di sekitar venue PON agar tetap perhelatan itu dibanjiri penonton.

“Saya ke sini bersama pak Panglima TNI dan pak Kapolri atas pengarahan bapak Presiden Jokowi untuk memastikan pelaksanaan vaksinasi di Papua, terutama bagi masyarakat di sekitar tempat pelaksanaan, Kota dan Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Mimika, dan Sorong Papua Barat,” ucap Menpora RI Zainuddin Amali saat melakukan kunjungan vaksinasi di GOR Kotaraja Distrik Abepura Kota Jayapura, Sabtu (28/8/2021).

Dirinya merasa bersyukur peserta vaksinasi yang sudah menerima suntik di Kabupaten dan Kota tahapan 1 (satu) mencapai 47% hampir separoh target dan 29% penerima dosis tahap 2 (dua). Pemerintah berharap target vaksinasi yang sudah ditetapkan bisa terealisasi di akhir bulan September 2021.

“Kami pastikan di akhir September target vaksinasi bisa terealisasi. Untuk itu kami mengajak kepada pace, mace, kakak, adik mari kita ikut vaksin supaya kitorang bisa menonton olahraga (PON) secara langsung karena cuma warga yang sudah divaksin bisa menonton, “imbuh Amali.

Sementara itu Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan TNI dan Polri akan bersinergi untuk mengamankan selama PON XX Papua berlangsung. “TNI – Polri siap bersinergi mengamankan dan menyukseskan PON Papua, terus berkoodinasi dengan bapak Menpora supay PON meriah. Namun kami juga perlu dukungan dan bantuan dia dari masyarakat Papua, “kata Panglima TNI.

Di Kabupaten Merauke sendiri sudah disiapkan Posko Pengamanan dan melakukan gladi bersih pasukan gabungan TNI, Polri, dan Brimob. Ditaksir jumlah pengamanan yang akan diterjunkan sekitar 1000 personil.

Tjahjanto ikut menghimbau dan mengajak masyarakat mengikuti program vaksinasi. Dengan Vaksinasi Covid-19 akan terbangun imunitas tubuh baru menangkal virus corona sehingga penyebarannya terputus.

Hadir dalam kegiatan, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri, As Ops Panglima TNI Mayjen TNI Syafrudin, As Ops Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto, Aster Panglima TNI Mayjen TNI Madsuni, As SDM Kapolri Irjen Pol Wahyu Widodo, Kadiv Humas Polri Irjen Pol R. Argo Yuwono, Kadiv Propam Polri Irjen Pol Fardy Sambo, Wakabareskrim Polri Irjen Pol Syahardiantoro, dan jajaran perwira di TNI dan Polri lainnya. (Kur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *