Bunda Wajib Tau kecerdasan Anak Dapat di Stimulus Dengan 5 Nutrisi Ini

Indonewsdaily.com – Untuk meningkatkan kecerdasan anak usia dini orangtua dapat melakukan banyak hal, salah satunya adalah dengan memberikan makanan bergizi sebagai stimulus. Sebab, asupan gizi pada saat itu bisa menentukan pertumbuhan sel saraf yang dibutuhkan untuk kecerdasan otak.

Selain makanan, stimulus kognitif juga penting, Jika kedua hal itu terpenuhi dengan baik, maka tingkat pertumbuhan sel saraf pada usia 2 tahun bisa mencapai hingga 80 persen dari jumlah sel saraf.

Tetapi, jika pada masa emas anak kurang mendapat asupan gizi dan stimulus, pertumbuhan sel sarafnya bisa di bawah 80 persen. Dalam hal ini, orang tua harus mengenali zat gizi yang berkontribusi dalam pertumbuhan sel saraf. Berikut macam-macamnya:

1. Omega-3
Otak mempunyai kadar lemak paling tinggi dibanding organ lain. Pada lemak tersebut, terdapat asam lemak yang berguna sebagai komponen struktural membran otak.

Sekitar 50 persen mengandung asam lemak tak jenuh ganda, lalu sekitar 33 persen mengandung asam lemak omega-3 yang bersifat esensial. Omega-3 ini hanya bisa didapat dari makanan yang dikonsumsi.

Dalam hal ini, ibu hamil dan menyusui harus memenuhi omega-3 sebesar 1-3 gram setiap harinya. Sedangkan, bagi anak usia 1-3 tahun berjumlah 0,3-0,7 gram per hari, dan usia 4 tahun sebesar 0,5-1 gram.

Omega-3 dapat ditemukan pada beberapa jenis ikan. Berikut jumlah kandungan omega-3 pada beberapa ikan:

Ikan kembung: 2,2-2,6 gram per 100 gram
Ikan tuna: 2,1 gram
Ikan salmon: 1,4-1,6 gram
Ikan tongkol: 1,5 gram
Ikan teri: 1,4 gram per 100 gram
Agar tak mengurangi kandungan omega-3 dalam ikan, sebaiknya hindari memasak dengan teknik menggoreng.

2. Vitamin B12, Folat, dan Kolin
Folat dan kolin bermanfaat untuk perkembangan sel saraf. Sedangkan vitamin B12 berguna untuk menghindari penurunan sel saraf. Adapun makanan yang mengandung vitamin B12 adalah telur, yogurt, tuna, keju, susu, daging sapi, dan susu kedelai.

Untuk mendapat kandungan kolin, orang tua bisa memberi makan anak dengan telut, dada ayam, brokoli, dan kacang hijau. Selanjutnya, folat ada dalam sayuran hijau, brokoli, jeruk, alpukat, pisang, kubis, dan telur.

3. Zink
Zink adalah zat gizi penting bagi otak dengan peran dan fungsinya yang penting. Zink adalah kofaktor untuk lebih dari 200 enzim yang mengatur beragam aktivitas metabolisme dalam tubuh termasuk sintesis protein, DNA, dan RNA. Zink berperan dalam neurogenesis/produksi sel saraf dan pematangan sel saraf, serta pembentukan sinaps (tempat persambungan antar sel-sel saraf dan dilepasnya neurotransmitter).
Kekurangan zink dapat berpengaruh negatif terhadap perkembangan kognitif. Sumber zink di antaranya makanan laut, daging, unggas, ikan, dan kacang-kacangan.

4. Zat besi
Zat besi adalah unsur penting dalam produksi dan pemeliharaan mielin (selubung saraf) serta mempengaruhi aktivitas saraf. Zat besi membantu kerja enzim yang penting untuk perangsangan saraf.

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rendahnya kecerdasan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kekurangan zat besi menurunkan daya konsentrasi anak, menurunkan prestasi anak di sekolah, bahkan menurunkan tingkat produktivitas saat dewasa.

Sumber makanan mengandung zat besi diantaranya sumber protein hewani, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.

5. Iodium
Kekurangan iodium menyebabkan rendahnya kecerdasan. Hubungan antara iodium dan perkembangan kognitif telah banyak diteliti. Kekurangan iodium yang parah selama kehamilan dapat menyebabkan kretinisme pada anak-anak. Kretinisme adalah kondisi kekurangan hormon tiroid yang mengakibatkan keterbelakangan mental dan kelainan pertumbuhan fisik pada anak.

Manifestasi klinis kretinisme tergantung pada tingkat keparahan defisiensi iodium, di antaranya bisa menyebabkan keterbelakangan mental, bicara, serta gangguan pendengaran dan saraf motorik atas.

Iodium diperlukan untuk produksi hormon tiroid dalam tubuh. Sebanyak 70-80 persen iodium ditemukan di kelenjar tiroid. Kekurangan iodium menyebabkan hipotiroidisme/kekurangan produksi hormon tiroid termasuk triiodothyronin (T3) dan tiroksin (T4).

Hormon tiroid memainkan peran penting dalam perkembangan saraf dan berbagai proses neurologis termasuk diferensiasi/pematangan sel saraf, mielinisasi, dan transmisi saraf. Hormon tiroid mempunyai efek yang nyata pada perkembangan otak, membuat peka sistem saraf dan meningkatkan aktivitas otak. Makanan sumber iodium adalah garam beriodium, makanan laut, telur, dan susu.

Namun, perlu di ingat dalam mewujudkan anak cerdas, orangtua juga harus memberikan stimulus lainnya kepada anak, agar proses perkembangan anak dapat berlangsung dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *