Bupati Temanggung Hadiri Jagongan Moderasi Beragama

Indinewsdaily.com, Temanggung, – Bupati Temanggung M Al Khadziq menghadiri acara “Jagongan Moderasi Beragama” yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Buddha. Acara ini diadakan di Dusun Krecek Desa Getas Kecamatan Kaloran pada Selasa (1/6/2021).

Pada sambutannya Bupati mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan dan merawat keberagaman. Hal itu penting dilakukan agar Temanggung dapat terhindar dari konflik dan selalu hidup rukun serta damai.

Bupati juga menyampaikan bahwa keberagaman di Temanggung sudah ada sejak zaman dulu. “Saya harap jangan cerai-berai, kita harus jaga persatuan, jaga ukhuwah kita. Untuk itu penting sekali kita bersama-sama menjaga kerukunan dan merawat keberagaman tersebut,” katanya.

Menurut Bupati, jika masyarakat tidak pandai menjaga kerukunan, maka yang terjadi seperti konflik di Afghanistan yang 40 tahun tidak berkesudahan. “Mari kita ciptakan Kabupaten Temanggung ini yang “TMG” yakni Tentrem, Marem dan Gandem. Sehingga kedepan Temanggung ini aman, damai, bersatu dan masyarakatnya saling menghormati agama, kelompok dan golongan,” imbuhnya.

Bupati melihat, keberagaman adalah konsep Tuhan dalam misteri penciptaan semesta. Tidak ada hasil ciptaan yang identik sama, dapat dipastikan ada perbedaan walau sekilas nampak sama. Dengan demikian, keberagamaan adalah realita yang terjadi atas kehendak Tuhan.

“Keberagamaan adalah keniscayaan yang harus dihargai dan disyukuri. Keberagamaan bukanlah penghalang untuk bersatu, alangkah eloknya jika keberagaman terjalin dalam serat yang menguatkan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *