Minimalisir Dampak Pemanasan Global, Karang Taruna Kaloran Lakukan Penanaman Pohon

Kegiatan penanaman pohon yang diinisiasi oleh Karang Taruna Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung disepanjang jalur menuju sumber mata air Jambu, Sabtu (5/2).

Indonewsdaily.com, Temanggung – pemanasan global (global warming) merupakan fenomena dimana kondisi bumi mengalami kenaikan suhu baik di daratan maupun lautan. Kenaikan suhu yang meningkat seiring berjalannya waktu dapat memicu berbagai macam peristiwa seperti cuaca ekstrem dan berbagai bencana alam lainnya.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak dari pemanasan global adalah dengan melakukan penanam pohon. Hal itu seperti yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Getas dan Karang Taruna Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung yang melakukan kegiatan tanam pohon di sumber mata air Jambu, Dusun Porot, Desa Getas, Kecamatan Kaloran, Sabtu (5/2).

Kegiatan penanaman pohon yang dinisiasi oleh Karang Taruna ini, juga diikuti oleh Siswa-siswi SMA Harapan Bangsa, jajaran Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Kaloran, Kepala Desa Getas, dan Camat Kecamatan Kaloran.

“Kegiatan ini diawali dengan semua peserta berjalan kaki sejauh 1 kilometer menuju sumber mata air jambu,” jelas Ketua Karang Taruna Kecamatan Kaloran, Slamet Apriyanto.

Slamet menambahkan, kegiatan penanaman pohon ini perlu digalakkan karena sepanjang mata air jambu sudah jarang pohon-pohon besar yang bisa menjadi penopang dari sumber mata air tersebut.

“Tindakan konservasi dengan melakukan penanaman pohon ini harapannya bisa berjalan berkelanjutan di wilayah Kecamatan Kaloran, Kabupaten Temanggung, apalagi ini juga melibatkan jajaran Muspika Kecamatan Kaloran, Kepala Desa, dan juga siswa-siswi dari SMA Harapan Bangsa, sehingga kedepan kitab isa libatkan berbagai macam unsur masyarakat untuk menyadari tentang pentingnya melakukan konservasi di sumber-sumber mata air,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *