Di Timika, Ratusan Hewan Kurban diperiksa Ante Mortem

Papua202 Views

Indonewsdaily.com, Nabire – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika (Timika) Yosephine Sampelino mengadakan pemeriksaan ante mortem terhadap ratusan hewan kurban di sebuah perusahaan pemasok hewan sapi dan kambing di Distrik Wania Mimika.

“Ada sekitar 134 ekor sapi dan 150 kambing kurban fisiknya kami periksa. Sapi berasal dari Kota Sorong dan kambing dari Tual,” jelas Yosephine, Jumat (16/7/21).

Diterangkaannya pemeriksaan ante mortem terhadap hewan kurban yang masuk Timika merupakan kegiatan rutin tahunan untuk memastikan layak tidaknya hewan kurban disembelih.

“Dengan pemeriksaan ini kami yakinkan hewan baik sapi maupun kambing fisiknya dalam kondisi sehat dan memenuhi syarat hewan kurban,” imbuhnya.

Dalam pemeriksaan ante mortem ditemukan satu ekor sapi yang badannya kurus dikarenakan lamanya perjalanan dan satu ekor kambing mulutnya bernanah.

“Ditemukan satu ekor sapi bertubuh kurus, itu hanya karena faktor pengangkutan intervalnya yang cukup lama dan satu ekor (kambing) mulutnya bernanah, ini harus segera diantisipasi oleh penjual,” ujarnya.

Yosephine pun mengatakan jika pemasok (penjual) sudah mengerti persyaratan hewan kurban (sapi/kambing) yang layak untuk dikurbankan di hari raya Idul Adha 1442 H/2021 M.

Seperti hewan tidak cacat, tubuh tambun atau terlalu kurus. Karena yang tidak memenuhi syarat tidak akan laku dijual.

“Penjual di sini sudah cukup paham kondisi fisik dan persyaratan yang harus dipenuhi layak tidaknya hewan untuk kurban,” pungkasnys.

Adapun sapi yang digunakan kurban di Timika merupakan jenis Sapi Ras Bali dengan harga dikisaran Rp 24 juta – Rp 35 juta. Sedangkan untuk kambing adalah jenis Kambing Kacang dengan harga sekitar Rp 4 juta- Rp 5 juta per ekor. (Kur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *