Papua  

Evakuasi Karyawan PT Indo Papua, 4 Personil Satgas Nemangkawi Tertembak KKB

Indonewsdaily.com, Jayapura – Pasca dibunuhnya dua karyawan PT Indo Papua di Jembatan Kali Brazza Kampung Kribun Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo pada Minggu (22/8/) Satgas Gakkum Ops Nemangkawi melakukan penyisiran dan evakuasi Karyawan PT Indo Papua yang masih berada di camp Kali Yegi Jalan Trans Papua Distrik Dekai ke Kenyam Kabupaten Yahukimo, Senin (23/8/21) sekitar pukul 08.00 WIT.

Kadiv Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan, bahwa pasca pembunuhan yang dilakukan oleh KKB terhadap karyawan perusahaan kontraktor PT Indo Papua, Rionaldo Raturoma dan Dedi Imam Pamungkas. Satgas melakukan langkah evakuasi bagi kesebelas karyawan lainnya.

“Evakuasi dilakukan setelah KKB pimpinan Tenius Gwijangge membunuh’ dua karyawan PT Indo Papua sebuah perusahaan kontraktor yang membangun jembatan di Kali Brazza, “kata Mustofa Kamal, Selasa (24/8/21).

Dalam upaya penyelamatan Tim Gabungan TNI dan Polri itu sempat ditembaki KKB sebanyak tiga kali. Yakni pada pukul 09.10 WIT di Jembatan Kali Brazza dari arah bukit.

Sekitar pukul 10.24 WIT personil kembali baku tembak dengan KKB di pertigaan Trans Papua Dekai Yahukimo – Tanah Merah.

Satgas Nemangkawi tiba di camp PT Indo Papua Kali Yegi sekitar pukul 11.48 WIT dan melakukan pengecekan keberadaan karyawan lainnya yang berjumlah 11 orang. Namun setelah melakukan penyisiran dan pengecekan serta membunyikan sirine penyelamatan, tidak seorang pun ditemukan karyawan.

Satgas Nemangkawi pun akhirnya berinisiatif dan bergerak kembali ke arah kota. Di perjalan sekitar pukul 13. 20 WIT personil kembali ditembaki KKB dan terjadi kontak tembak untuk ketiga kalinya.

Selama 30 menit baku tembak senjata terjadi, personil Nemangkawi mencoba merangsek ke depan berusaha memukul mundur dan melumpuhkan KKB, namun sayang pergerakannya terhalang pohon yang sengaja ditebang dan dihalangkan KKB ditengah ruas jalan. Sebanyak 6 pohon sengaja dihalangkan untuk menghadang laju personil.

“Setelah berhasil memukul mundur, satgas bergerak terus ke arah kota. Sekitar pukul 15.30 WIT personil mendapati ke-11 karyawan, “imbuhnya.

Ke-11 Karyawan PT Indo Papua didapati sekitar 500 meter dari Kali Brazza, mereka menyelamatkan diri dengan mengungsi ke rumah penduduk. Pada akhirnya 11 orang karyawan itu dievakuasi Satgas Nemangkawi ke Polres Yahukimo.

Adapun identitas 4 anggota korban Kontak tembak dengan KKB, yaitu : 1. AKP I Putu Edi Wiriawan (terkena lekosit di leher, 2. IPTU Arif Rahman (Tertembak di helm), 3. Bripka Irwan (terkena lekosit di bagian kaki kanan), dan 4. Bharatu Nhimrot (terkena lekosit di tangan kanan). (Kur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *