Gara-gara Percikan Api Mesin Las, Pabrik di Temanggung Ludes Terbakar

Jawa Tengah265 Views

Indonewsdaily.com, Temanggung – Pabrik kayu lapis di kawasan industri Temanggung terbakar pada Selasa (25/5) siang, PT Kayu Lima Utama yang beralamat di desa Nguwet, kecamatan Kranggan, kabupaten Temanggung terbakar diduga karena percikan api yang berasal dari lantai atas pabrik yang sedang dilakukan pengelasan talang air sejak Senin kemarin.

Dilansir dari assesment lapangan dinas pemadam kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP) Temanggung, security PT KLU yang mendapat laporan dari salah satu karyawan dengan sigap langsung menuju lokasi kebakaran usai melakukan kontrol rutin lokasi pabrik, pihaknya langsung memadamkan menggunakan APAR namun karena area yang sulit di jangkau serta banyaknya bahan yang mudah terbakar membuat si jago merah langsung melalap ruangan di sekitar titik api utama.

“APARnya terbatas, hydrant juga belum ada jadinya agak sulit untuk memadamkan api dengan cepat.” ungkapnya.

Kejadian yang terjadi sekitar pukul 11.45 WIB ini dapat dipadamkan pukul 15.15 WIB oleh 50 personil dengan 4 Unit fire truck, 4 unit water supply serta 1 unit mobil pompa yang bersalah dari pos damkar Candiroto, Maron dan Pringsurat.

“Alhamdulillah tim bergerak cepat dengan bantuan dari pos pos jaga di beberapa zona kecamatan, selain itu juga ada bantuan dari Kabupaten dan Kota Magelang, Kabupaten Semarang, TNI, POLRI, PMI dan relawan Garda Rescue.” Tutur Kepala Satuan Pemadam Kebakaran Temanggung Selasa sore.

Akibat dari kejadian ini pihak PT KLU menelan kerugian yang ditaksir sekitar 5.000.000.000 yang terdiri dari area finishing, packing, rakit serta bahan produksi siap kirim, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. (Yulian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *