Tingkatkan Kompetensi, Program Studi HKI INISNU Gandeng PN Temanggung

Prosesi Penyerahan Mahasiswa Program Studi HKI ININSU Temanggung dengan PN Temanggung, Rabu (9/3).

Indonewsdaily.com, Temanggung – Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Kelas 6A, Institut Islam Nahdlatul Islam (INISNU) Temanggung kembali melakukan inovasi setelah sebelumnya melakukan praktik peradilan dengan konsep materi acara peradilan agama. Kali ini inovasi yang dilakukan dengan menggandeng Pengadilan Negeri Temanggung untuk melakukan pengamatan secara langsung terhadap jalannya proses peradilan di Pengadilan Negeri Temanggung.

“Kegiatan ini hampir sama dengan praktik mata kuliah Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum atau PLKH yang dilakukan di kampus INISNU beberapa waktu lalu. Selain menambah pengalaman, kegiatan ini juga bertujuan agar mahasiswa dapat mengetahui bagaimana proses beracara di Pengadilan Negeri,” jelas Dwanda J Sistyawan selaku dosen pelaku mata kuliah PLKH, Rabu (9/3).

Menurut Dwanda, dengan melihat langsung atau melakukan observasi secara langsung dan melakukan pengamatan proses jalannya persidangan di Pengadilan Negeri Temanggung. Hal ini juga bersinergi dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi pada mata kulian PLKH yang menjadi salah satu syarat kelulusan mahasiswa Program Studi HKI INISNU.

Baca juga: Tingkatkan Kompetensi dan Kemahiran, Prodi HK INISNU Temanggung Gelar Praktik PLKH

Sementara Miftaf Pradika mahasiswa HKI mengucapkan terimakasih kepada dosen pengampu dan pihak Pengadilan Negeri Temanggung yang telah memberikan kesempatan untuk belajar secara langsung dan melakukan observasi di sana.

“Saya dan teman-teman satu kelas sangat berterimakasih kepada dosen pengampu mata kuliah praktik pengadilan, bapak Dwanda, karena ini memang sudah saatnya kita untuk terjun langsung mengamati jalannya proses persidangan di Pengadilan Negeri, khususnya di PN Temanggung guna mengasah kinerja yang menjanjikan untuk membangun prospek pekerjaan secara individualistik maupun kolektif,” jelas Miftaf.

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 bulan ini telah dilakukan penyerahan secara simbolis dan diterima oleh perwakilan Pengadilan Negeri Temanggung yang juga merupakan hakim Pengadilan Negeri Temanggung, Bangun S Rambey, S.H., M.H. dan Suandana, SM.Hk. bagian Kepaniteraan Hukum Pengadilan Negeri Temanggung pada Rabu (9/3) pagi.

“Selamat belajar untuk rekan rekan HKI INISNU Temanggung, semoga bisa membawa hasil yang baik nantinya, bisa mendapatkan ilmu dan mencapai tujuan yang baik untuk kita bersama, semoga silaturahim dan sinergitas yang baik ini akan selalu terjalin.” Pungkas Bangun saat menerima mahasiswa INISNU secara simbolis. (YWA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *