Ini 6 Tips agar Tetap Sehat Saat Masa Menopause

Indonewsdaily.com- Menopause adalah suatu tahap kehidupan yang pasti dialami manusia ketika sudah memasuki usia senja. Pada wanita, menopause ditandai dengan berakhirnya siklus mentruasi, yang artinya masa kesuburan seorang wanita sudah berakhir.

Hal itu biasanya terjadi saat memasuki usia 40 hingga 50 tahun, setelah memasuki masa tersebut wanita harus lebih ekstra menjaga kesehatan tubuhnya dengan melakukan pola hidup sehat.

Dilansir dari laman magforwoman, berikut 6 hal yang dapat anda lakukan saat memasuki menopause agar tubuh tetap sehat.

  1. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung asupan kalsium

Selama menopause, tubuh membutuhkan lebih banyak kalsium karena daya serap tubuh menurun. Untuk mengimbangi perbedaannya, kalsium harus diperoleh sekitar 10 persen lebih banyak dari diet biasa sebelumnya. Produk susu seperti susu, dadih, keju adalah sumber kalsium yang baik.

  1. Diet serat
    Dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung serat tinggi, dapat membantu anda menjaga kesehatan pencernaan.

Makanan yang mengandung serat, seperti kacang-kacangan, buah, dan sayur.

  1. Kurangi minum alkohol dan soda
    Jika anda merupakan penggemar alkohol dan minuman bersoda, disarankan untuk mengurangi mengkonsumsi alkohol jika sudah mengalami menopause, karena dapat meningkatkan resiko serangan jantung atau kanker payudara.
  2. Perbanyak minum air mineral
    Jika biasanya minum tiga liter sehari, Anda perlu meningkatkan kapasitas minum. Daya retensi air setelah menopause menurun, oleh karena itu kebutuhan air setiap hari meningkat.
  3. Buang makanan berlemak
    Menghindari makanan berlemak juga harus anda lakukan karena dapat memicu naiknya berat badan, disisi lain ketika sudah menopause tingkat aktivitas tubuh menurun dan lemak yang dikonsumsi tidak diubah menjadi energi. Hal itu dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh dan membuat anda beresiko terserang penyakit jantung.
  4. Kontrol konsumsi gula dan garam
    Terlalu banyak asupan garam menyebabkan banyak penyakit dan salah satu efek samping utama dan instan dari mengonsumsi garam dalam jumlah tinggi adalah tekanan darah tinggi. Jika tekanan darah melebihi batas, akan berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *