Foto : Walikota Malang

Ini Tanggapan Walikota Malang Terkait PPKM yang Diperpanjang

Indonewsdaily.com, Malang- Pemerintah pusat telah memutuskan akan memperpanjang PPKM Darurat oleh hingga akhir Juli, Wali Kota Malang Sutiaji menanggapi wacana tersebut. Orang nomer satu di Pemkot Malang ini mengatakan jika harus ada penguatan pola pemantauan seperti di PPKM Mikro, dalam lingkup terkecil masyarakat di tingkat RT/RW Kota Malang.

“Saya menyarankan agar para dermawan turut bersinergi bersama pemerintah untuk membantu masyarakat yang terdampak selama PPKM Darurat,” ucapnya, Sabtu (18/7/2021).

Ditambahkan Sutiaji, apapun kondisinya, ada model PPKM Darurat beberapa kali, tapi ketika perilaku masyarakat dan mobilitas orang belum bisa terpantau dengan baik, maka tetap kondisi pandemi Covid-19 sulit dikendalikan.

“Negara dalam hal ini mempunyai nilai tekan kepada orang-orang yang punya kemampuan (finansial), bahwa bela negara itu bukan mengangkat senjata, tapi juga penguatan nilai patriotisme, dengan mau berbagi,” imbuhnya

Dalam konteks ini, menurutnya masyarakat yang mendapat bantuan bukan hanya yang sedang menjalani isolasi mandiri. Tetapi orang yang tidak boleh keluar rumah.

“Kalau bansos ya kita seberapapun akan habis.Dulu ada kampung dan RW tangguh, pembagian bantuan bukan hanya untuk isoman, tapi yang tidak mampu, dan seterusnya. Ini yang harus kita perhatikan,” ungkapnya.

Menyinggung soal evaluasi dan catatan PPKM Darurat di Kota Malang hingga hari ini (18/7). Sutiaji belum bisa berkomentar banyak.

“Belum bisa (evaluasi), jadi yang namanya hasil itu, akan kita ketahui setelah pelaksanaan (PPKM Darurat). Paling tidak akan tahu saat 5 hingga 7 hari setelah PPKM Darurat,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *