Kampung Dongeng Berikan Trauma Healing Untuk Anak-anak Korban Kebakaran di Tretep Temanggung

Jawa Tengah246 Views

indonewsdaily.com, Temanggung – Musibah kebakaran yang menimpa warga Desa Bonjor, Tretep, Temanggung pada Senin malam, 24 Mei 2021 kemarin menimbulkan trauma baik terhadap anak-anak korban maupun anak-anak di sekitar tempat kejadian.

Dengan kejadian tersebut, komunitas Kampung Dongeng merasa perlu mengadakan pemulihan kondisi psikologis bagi mereka untuk mengantisipasi terjadinya trauma yang berkepanjangan.

Berdasarkan keterangan dari perangkat desa yaitu bapak Mutohar bahwa setelah kejadian kebakaran tersebut ada warga yang merasa takut melihat api, bahkan ada yang tidak bisa tidur, “Ada salah satu warga yang takut dengan korek api, ada juga yang sampai saat ini selalu menyendiri dan gelisah bahkan tidak bisa tidur, sementara anak² ada juga yang masih sedih,” ujarnya saat ditemui.

Anak-anak juga masih sedih karena barang kesayangannya habis di lalap api. “Kalau anak-anak sedihnya karena barang² kesayangan mereka hilang dan hangus terbakar,” imbuhnya.

Sementara itu, M.Lukman, aktivis dan pemerhati anak di Kabupaten Temanggung bersama Tim Kampung Dongeng memberikan trauma healing kepada anak-anak di sekitar tempat kejadian pada Junat, 28 Mei 2021 sore, bertempat di Lapangan Desa Bonjor.

Pada kegiatan itu anak-anak diajak bermain, ice breaking dan disajikan dongeng motivasi oleh salah satu relawan Kampung Dongeng. Tak lupa juga disediakan hadiah untuk anak-anak.

“Alhamdulillah kegiatan ini berlangsung baik dan lancar, semua unsur mulai dari RT, relawan sampai dengan BPBD Kabupaten Temanggung turut hadir menyaksikan jalannya kegiatan trauma healing ini,” lanjutnya.

Pria yang biasa di panggil Kak Lukman ini berharap anak-anak segera melupakan kejadian yang menimpa teman-teman mereka. Semoga kondisi akibat musibah ini segera teratasi dan tidak menimbulkan trauma yang berkepanjangan.

Musibah kebakaran yang melalap habis 7 rumah dan menimbulkan kerusakan pada 2 rumah lain serta 1 musola ini mengundang keprihatinan banyak pihak yang dengan ringan mengulurkan bantuan melalui berbagai komunitas di Temanggung, di antaranya adalah komunitas Kecanduan Sedekah Temanggung dan S3. (RONI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *