Kisah Inspirasi Penjual Nasi Goreng Gunakan Robot Pengoreng Nasi

Indonewsdaily.com, Malang – Penjual nasi goreng di Malang mendadak viral di media sosial. Hal ini dikarenakan dia menggunakan sebuah robot untuk menggoreng nasi.

Penjual nasi goreng itu adalah Dartadi (60). Dia bisa menjual nasi goreng di daerah permukiman Jalan Muharto gang 5 B Kelurahan Kota Lama, Kecamatan Kedungkandang Kota Malang.

Ditemui Indonewsdaily.com, Kamis (14/10/2021) malam, Dartadi menjelaskan, pemakaian robot penggoreng itu dikarenakan tangan kirinya yang cidera akibat kecelakaan saat mudik ke Madura tahun 2019 itu.

“Iya saya kecelakaan waktu mudik tahun 2019. Saat itu kecelakaan di Madura saya pulang kampung akhirnya tiba-tiba terjatuh. Kecelakaan sendirian,” kata dia, Kamis (14/10/2021) malam.

Dia pun bercerita paska terjatuh dari sepeda motor itu, dia mengatakan, tangan kirinya patah di lengan.

“Dan saya sudah bawa ke dokter harus dipasang pen. Tapi saya tidak mau karena faktor umum,” kata dia.

Alhasil, tangan kirinya pun susah digerakkan. Dartadi yang berjualan nasi goreng tahun 2016 itu akhirnya harus berpikir untuk melanjutkan usahanya.

“Tangan saya sakit mas kalau digerakkan tahun 2019 itu. Tapi gimanapun saya harus tetap kerja,” tutur dia.

Dartadi pun menjelaskan, dia sempat memperkerjakan seseorang untuk melanjutkan usahanya. Namun para pelanggannya kurang suka dengan racikan orang yang dipekerjakannya.

“Iya karena saya tangannya udah kesusahan buat nasi goreng saya pernah punya rewang. Tapi orang-orang gak suka katanya. Beda tangan beda rasa,” kata dia.

Alhasil, Dartadi menjelaskan, langsung memberhentikan orang tersebut dan kembali bekerja.

Dengan tangan tertatih menggoreng nasi goreng, dia juga berpikir bagaimana mempermudah menggoreng dengan gerak tangan yang terbatas.

“Iya saya berpikir bagaimana supaya mempermudah. Kerja saya ya susah. Goreng lama karena tangan kiri ini terbatas digerakkan,” ujarnya.

Akhirnya dengan latar belakang elektro, Dartadi pun berpikir keras. Dia mempunyai ide agar ada alat bantu untuk menggoreng nasi goreng di gerobak sederhananya.

“Ya saya punya ide itu. Saya ingin buat mesin atau robot supaya bantu saya goreng nasi goreng,” kata dia.

Untuk merealisasikan idenya itu, Dartadi menghabiskan waktu satu tahun. Sejak tahun 2020 dia membagi pikiran untuk bekerja saat malam dan paginya untuk membuat alat bantu itu.

“Saya sampai kalau boleh ngomong kepala saya sampai kerak. Artinya saya sampai pusing mikirin dan buat alat ini,” imbuhnya.

Ada beberapa percobaan. Gagal demi kegagalan pun dia alami. Namun akhirnya pada awal tahun 2021 berhasil, robot untuk menggoreng nasi goreng tercipta.

“Akhirnya enam bulan lalu berhasil. Ini jadinya dan viral itu,” kata dia.

Robot itu pun terlihat diposisikan di langit-langit wajan. Robot itu digerakkan dengan onderdil sepeda motor.

“Dan ada besi-besi ini menyerupai jari tangan dan digerakkan dengan menggunakan baterai AKI,” imbuhnya.

Dengan robot pembantu itu, Dartadi menjadi viral. Dia pun gak menyangka cara dia bekerja dengan teknologi ini banyak dibicarakan oleh warga net.

“Ya gak nyangka alhamdulilah sekarang ini saya jadi ramai. Sekarang kalau weekend itu bisa habis 15 kilogram beras kayak penjualan sebelum pandemi alhamdulilah,” tutup dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *