Papua  

KKB Kembali Berulah, Bakar Fasilitas Publik

Indonewsdaily.com, Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah di Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) Papua, KKB membakar sejumlah fasilitas umum (Fasum) seperti Puskesmas Kiriwok, Pasar Kiriwok, Kantor Kas Bank Papua Kiriwok, hingga SD Inpres Kiriwok, Senin (13/09/2021).

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal menuturkan kronologis pembakaran yang diduga oleh KKB pimpinan LT.

“Pada hari Senin tepat Pukul 09. 00 Wit personil Pos Pamtas Yonif 403/WP melihat 9 (sembilan) orang KKB melakukan gerak – gerik mencurigakan yang berjarak sekitar 300 meter dari Pos Pamtas. Melihat pergerakan KKB yang mencurigakan, seregu pasukan Satgas Pamtas melakukan pengamatan dan pengintaian, “kata AM Kamal melalui pers rilis, Selasa (14/9/21).

Sekitar pukul 08. 45 Wit KKB melakukan penyerangan dengan tembakan beberapa kali dari arah bawah Kantor Koramil Kiwirok dan Polsek Kiwirok, ke arah Pos Pamtas sehingga personel TNI-Polri merespon balik membalas dengan tembakan ke arah KKB. Selanjutnya baku kontak senjata pun tidak bisa dihindari.

Hampir sejam terjadi baku tembak, selanjutnya sekitar pukul 09. 30 KKB melakukan aksi pembakaran secara berturut-turut, yakni membakar Kantor Kas Bank Papua Kiwirok, Pasar Kiwirok, Puskesmas Kiwirok, dan SD Inpres Kiwirok.

Dari baku tembak senjata yang terjadi disimpulkan penyerangan dan pembakaran dilakukan KKB kelompok LT, sementara yang menjadi korban adalah Fasum milik Pemda Pegubin.

Menyikapi kejadian itu, pihak kepolisian
melakukan penyidikan dan penyelidikan, selanjutnya berkoordinasi dengan TNI dengan melakukan Pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH, mengatakan, bahwa penyerangan dan pembakaran di Distrik Kiwirok diduga Kelompok LT yang bermarkas Gunung Delpem Distrik Kiwirok.

Hingga saat ini personil gabungan TNI dan Polri masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang melakukan penyerangan Pos Pamtas Yonif 403/WP dan pembakaran sejumlah fasum di Distrik Kiriwok Kabupaten Pegubin, kami duga pimpinan LT yang bermarkas di Gunung Delpen Kiriwok, “jelas Kamal. ( Kur )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *