KNPI Jatim Dinyatakan Demisioner, Pengurus Karetaker Siap Tegakkan Konstitusi dan Hidupkan Peran Pemuda

Indonewsdaily.com, Surabaya – Rapat dan konsolidasi pertama Karetaker DPD KNPI Provinsi Jawa Timur telah dilaksanakan di Graha Pemuda jln. Progo 22, Surabaya pada Selasa 2 Oktober 2021.

Selain dihadiri jajaran pengurus Karetaker DPD KNPI Jawa Timur, acara tersebut juga diikuti Sekjen DPP KNPI Gandung Rafiul N Huda selaku Pengarah.

Hasil konsolidasi merekomendasikan beberapa langkah penting yang akan dilakukan baik jangka pendek maupun jangka menengah. Yaitu memastikan pengelolaan organisasi yang berdasarkan AD/ART KNPI dan penegasan kembali mandat dan garis kebijakan DPP KNPI yang dibawah Ketua Umum Haris Pertama, menjadi landasan penyelenggaraan KNPI di daerah.

DPD Karetaker akan memetakan situasi dan kondisi KNPI kota – kabupaten di seluruh Jawa Timur. Mulai dari periode kepengurusan DPD II yang sudah habis masanya hingga kota-kab mana yang vakum secara struktural dan program. DPD I siap mendampingi pengembangan organisasi di tingkat Kota – Kabupaten yang loyal pada garis konstitusinal organisasi.

“Karena DPD I Jatim sudah berakhir periode kepengurusannya maka sesuai mekanisme organisasi, kita telah menurunkan SK Karetaker untuk KNPI Jatim,” kata Sekjen DPP KNPI, Gandung Rafiul NH.

Konsekwensi dari terbitnya SK Karetaker KNPI Jatim adalah, segala kebijakan KNPI tingkat Provinsi menjadi otoritas Karetaker hingga terlaksananya Rapimda – Musda yang akan datang. Sehingga DPD II KNPI se-Jatim diharapkan dapat membangun komunikasi dan berkoordinasi dengan Karetaker KNPI Jatim.

Sebagaimana diketahui bersama, Pengurus DPD I Jatim hasil Musda ke-XII DPD KNPI Jatim di Kabupaten Trenggalek, periode 2018 – 2021 telah berakhir masa kepengurusannya. Sesuai konstitusi KNPI, maka DPP KNPI memiliki kewenangan dalam membentuk kepengurusan Karetaker KNPI Jatim, yang bertugas menjalankan agenda organisasi hingga memastikan terlaksananya Musda ke-XII yang akan datang. Dengan demikian, Kepengurusan DPD I hasil Musda XII berada dalam status demisioner.

Beberapa waktu lalu DPP KNPI menurunkan SK Karetaker KNPI Jawa Timur, dengan menunjuk dua Ketua Bidang DPP asal Jatim, Himawan Probo Pamungkas sebagai Ketua dan Liga Alam M sebagai Sekretaris. Adapun jajaran pengurus lainnya diambil dari unsur tokoh pemuda yang memiliki latar belakang sebagai kader/alumni OKP di Jawa Timur.

Hal kedua yang akan dilakukan Karetaker adalah menyiapkan perangkat keorganisasian, jalur komunikasi, sosialisasi hingga audiensi dengan para stake holders di Jatim.

Selain itu, Karetaker DPD KNPI Prov Jatim akan merancang skema program internal maupun eksternal KNPI dalam rangka penguatan peran pemuda di segala sektor pembangunan di Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *