Kunjungi Korban Erupsi Gunung Semeru, Jokowi Ucapkan Duka Cita Mendalam

Indonewsdaily.com, Lumajang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang kelokasi kedaerah yang terdampak erupsi gunung Semeru di kabupaten Lumajang, Selasa (7/12/2021).

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya sejumlah korban.

“Atas nama pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur,” kata Jokowi.

“Baik berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih juga kondisinya mulai membaik,” ujar Jokowi.

Presiden mengatakan, pemerintah akan segera memperbaiki infrastruktur yang rusak karena terdampak erupsi Semeru.

Sementara, bagi warga yang rumahnya terdampak dan tak bisa dihuni kembali akan direlokasi.

Menurut laporan yang Jokowi terima, setidaknya ada 2.000 rumah warga yang harus direlokasi karena huniannya tak layak lagi.

“Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun. Saya kira semuanya sudah siap,” kata Kepala Negara.

Turut mendampingi Jokowi, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian juga hadir Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP)/Kepala Basarnas Marsekal Madya Henri Alfiandi, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *