Kurban Drivetrue Manfaatkan Sapi Lokal Nabire

Papua231 Views

Indonewsdaily.com, Nabire – Panitia Kurban Masjid Baiturrahman Nabire akan menggelar kurban drivetrue 20 Juli 2021 mendatang bertepatan dengan perayaan Idul Kurban 1422 H.

Pelayanan pembagian hewan kurban drivetrue itu diambil panitia terkait masih diberlakukannya PPKM Mikro di Kabupaten Nabire.

“Pembagian daging kurban akan kami salurkan/berikan secara drivetrue agar tidak terjadi kerumunan massa dalam jumlah banyak,” terang Ketua Panitia Kurban H Abdul Rasyid Gani, Sabtu (10/7/21).

Lanjut diterangkannya masyarakat bisa menukarkan kupon yang telah dibagikan panitia di tempat kurban, yakni Masjid Baiturrahman tanpa harus mengantre lama.

“Nanti teknisnya akan kita atur serapih mungkin agar tidak terjadi penumpukan warga di sekitar area Masjid guna pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Nabire,” katanya.

Penerapan protokol kesehatan pun menurutnya akan terus disosialisasikan kepada warga supaya tidak abai akan pentingnya mencegah tingginya pandemi dengan tetap bermasker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Hingga per Sabtu 10 Juli 2021 panitia berhasil menghimpu sekitar 13 ekor sapi, diharapkan sampai dateline H-2 yang ditetapkan panitia minimal ada 20 ekor sapi yang disediakan Baiturrahman.

“Insya Allah mudah- mudahan target 20 ekor sapi kurban dari masyarakat muslim Nabire yang berkurban di tahun ini bisa tercapai seperti tahun kemarin mengingat masih ada jeda waktu sekitar 10 hari,” tukas Rasyid.

Adapun sapi yang dipilih untuk berkurban, panitia memanfaatkan sapi lokal yang tersebar dibeberapa distrik di Kabupaten Nabire.

“Kami memanfaatkan sapi lokal Nabire yang terdapat dibeberapa distrik, seperti dari Legare Distrik Makimi, Satuan Permukiman 1 (SP 1) Distrik Nabire Barat dan Karadiri Distrik Wanggar,” jelasnya.

Sedangkan Pemkab Nabire melalui Instruksi Bupati Nabire Nomor 440/1426/2021 tentang Peningkatan dan Langkah Pencegahan Penanggulang Covid-19, mengenai ketentuan pelaksanaan shalat Idul Adha 2021 M/1422 H sebagai berikut.

Pelaksanaan shalat Idul Adha 1422 Hijriyah dilaksanakan di tiap-tiap Masjid atau Mushalla dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dibawah pengawasan pimpinan masjid atau mushola Kabupaten Nabire, MUI Kabupaten Nabire dan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Nabire. (Kur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *