Masuki Bulan Bung Karno, Ini Pandangan Ony Setiawan

Jawa Timur229 Views

Indonewsdaily.com, Malang Raya – Peringatan Bulan Bung Karno adalah sebuah momentum bagi seluruh rakyat Indonesia untuk mengenang jasa sang proklamator bangsa. Sekaligus merawat memori kolektif dan melanjutkan perjuangan Bung Karno, salah satunya adalah penerapan konsep Trisakti Bung Karno, berdiri diatas kaki sendiri di bidang kebudayaan.

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Komunitas Seni Budaya DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Ony Setiawan di sela-sela kegiatan Musyawarah Anak Cabang (Musancab) PDI Perjuangan Kabupaten Malang.

“Di bulan Bung Karno ini kemudian, yang utama pasti itu adalah merasa bersyukur. Karena bangsa ini sudah dikaruniai Pancasila sebagai dasar negara maupun ideologi bangsa,” ungkap Ony Setiawan, dalam keterangan, Kamis (3/6/2021).

Berdikari dibidang kebudayaan, menurutnya tidak bisa hanya diucapkan secara lisan saja, tapi harus diwujudkan dalam kerja-kerja konkrit demi melestarikan budaya lokal sebagai bagian dari budaya Bangsa Indonesia.

“Tantangan budaya sekarang ini, bagaimana aktivitas kebudayaannya tidak tercabut dari budaya lokal, budaya aslinya. Karena budaya lokal itu akar dari budaya nasional, itu harus diekspresikan dalam perilaku dalam hal yang lain,” terangnya.

Ony menegaskan, berbicara mengenai kebudayaan tidak hanya mengenai kesenian belaka. Cakupan dari kebudayaan itu sangat luas dimana juga menaungi nilai-nilai sosial dan keseharian bermasyarakat termasuk dalam bernegara.

“Jadi tidak sempit di kesenian saja. Jadi jangan disempitkan dalam kesenian saja karena kesenian itu hanya salah satu unsur dari kebudayaan,” jelas Ony.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *