Menko PMK : UMM Terus Jaga Ketahanan untuk Tetap Bergerak Maju

Indonewsdaily, Malang Raya – Dalam rangka mempererat tali silaturahmi antar sivitas akademika, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) gelar acara Halal Bihalal pada Sabtu (29/05) lalu. Diselenggarakan secara luring di Dome UMM dan daring melalui kanal Zoom, yang juga dihadiri oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan dan Kemanusiaan (Menko PMK), Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P.

Dalam sambutannya, Muhadjir sangat mengapresiasi acara ini. Meski pendemi belum usai, namun UMM dapat menggelar acara halal bihalal dengan konsep yang kreatif, segar, serta mencerahkan namun tetap aman dan taat protokol kesehatan.

“Ini merupakan tanda bahwa sivitas akademika UMM terus menjaga ketahanan diri maupun komunitas untuk tetap bergerak maju bahkan di situasi yang buruk,” ujar mantan rektor UMM tersebut.

Selain mengapresiasi konsep acara halal bihalal, Muhadjir juga berpesan kepada para generasi muda UMM untuk terus menjalin kesinambungan antar generasi. Kesinambungan tersebut dapat berjalan ketika generasi baru terus menjaga tradisi dan budaya kooperasi yang ada di UMM.

Membangun sebuah tradisi dan budaya kooperasi membutuhkan waktu yang tidak singkat. Adanya UMM sekarang juga tidak terlepas dari tradisi tersebut.

Oleh karenanya, ia minta generasi muda untuk menjaga dan mengembangkan tradisi-tradisi yang sudah UMM bangun.

Disisi lain, Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd., berkata bahwa pada agenda halal bihalal tahun ini, UMM menggunakan corak yang inklusif dengan menghadirkan kawan-kawan dari Lapas binaan perempuan dan pendidikan difabel.

Pasalnya, Inklusifitas merupakan ciri dan ruh dari perjuangan UMM. Hal tersebut merupakan implementasi dari moto Dari Muhammadiyah untuk Bangsa. Moto tersebut bisa terealisasikan apabila seluruh sivitas akademika UMM memiliki jiwa yang mencerminkan tiga sikap. Yakni bersih, jujur, dan memiliki Problem Solving yang baik.

“Dengan ketiga sikap tersebut juga akan mendorong UMM untuk terus dapat bergerak maju kedepannya,” ungkap Fauzan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *