Mindo Sianipar Buka Pelatihan Pengolahan Pakan Ikan di Lima Wilayah

Jawa Timur284 Views

Indonewsdaily.com, Mojokerto- Anggota Komisi IV DPR RI Mindo Sianipar membuka pelatihan pengolahan pakan ikan di lima Kota/Kabupaten yakni Mojokerto, Jombang, Nganjuk dan Madiun lewat daring, Selasa (30/6/2021).

Acara yang bekerjasama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) ini untuk mengajak masyarakat melakukan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan beternak ikan.

Mindo menjelaskan bahwa gemarikan nantinya tak hanya sekedar membudayakan makan ikan sejak dini, namun juga sebagai jalan membangkitkan ekonomi kerakyatan.

“Gerakan makan ikan, tak hanya berkutat pada mengkonsumsi ikan saja, akan tetapi masyarakat juga harus mampu produktif dalam melakukan peternakan ikan. Kita harus tau bahwa pakan ikan yang paling baik itu ada di bawah bukan mengambang di permukaan air” jelasnya.

Dalam pembukaan pelatihan, Mindo meminta bahwa masyarakat harus produktif dalam pengembangan ikan air tawar setelah adanya pelatihan tersebut. Menurutnya jika bisa dikembangkan bisa membantu perekonomian.

“Karena kita berada di wilayah paling banyak daratan maka yang akan kita pelajari adalah ikan air tawar, dan paling baik ikan air tawar pemberian pakanya adalah pakan yang di bawah permukaan air bukan mengambang” jelas mindo.

Dalam pelatihan pengolahan pakan ikan, diikuti oleh kader Yang didominasi para ibu, karangtaruna dan Kelompok Budidaya Ikan ( Pokdakan ), mulai dari Mojokerto, Jombang, Nganjuk, dan Madiun.

Selain itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Mojokerto Ery Purwanti juga menegaskan bahwa Ikan merupakan bahan pangan sehat mengandung omega 3 yang bergizi tinggi, yang cukup baik untuk kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama 1.000 hari pertama kehidupan, termasuk bagi ibu pada periode persiapan kehamilan atau masa kehamilan hingga memberikan asi. Oleh sebab itu tingginya kebutuhan akan ikan maka dirinya menyiapkan kadernya untuk beternak ikan dan aktif dalam pelatihan pebuatan pakan ikan.

“Melalui Gemarikan akan terbangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Apabila anak-anak kita gemar makan ikan, diharapkan generasi ke depan akan menjadi pemimpin yang cerdas, mandiri, dan tangguh dalam menghadapi tantangan.” kata Ery.

Menurutnya, agar generasi penerus bangsa dapat diandalkan di masa yang akan datang, maka bukan saja generasi yang cerdas dan sehat saja yang diperlukan tetapi harus mempunyai mental dan perilaku atau akhlak yang baik, dengan asupan yang sehat dan bergizi serta bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak.

“Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, serta halal dan baik terhadap keluarga. dari dahulu hingga sekarang ahli gizi tidak bosan-bosannya mengingatkan kita untuk selalu mengkonsumsi ikan, hal ini perlu dilakukan dalam upaya pencegahan stunting dan gizi buruk dalam keluarga.” imbuhnya.

“Kita harus ajak anak-anak untuk lebih banyak mengkonsumsi ikan, agar anak lebih tumbuh sehat dan cerdas.” katanya.(man)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *