Minum Air Rendaman Ketumbar, Berkhasiat untuk Kesehatan Tubuh

Indonewsdaily.com- Ketumbar adalah salah satu bumbu dapur yang selalu ada di setiap rumah, dalam masakan tertentu ketumbar menjadi bumbu utama yang dapat membuat masakan terasa lebih sedap, namun taukah kamu jika bahan masakan yang mengandung sumber vitamin A dan C ini juga bisa dijadikan minuman herbal yang menyehatkan tubuh.

Mengutip Times Wow News (27/8), berikut 5 manfaat minum air ketumbar untuk kesehatan?

1. Tingkatkan imunitas
Ketumbar terkenal dengan manfaatnya untuk meningkatkan imunitas. Antioksidan di dalam ketumbar bisa bantu melawan aktivitas radikal bebas di dalam tubuh.

Antioksidan dalam ketumbar antara lain terpinene, quercetin, dan tocopherols. Kandungan antioksidan ini juga membuat ketumbar memiliki sifat antiinflamasi, antikanker, dan mampu melindungi saraf.

2. Lancarkan pencernaan
Air ketumbar bisa bantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus meningkatkan metabolisme. Air ketumbar bahkan disebut bisa mengurangi gejala seperti perut bergas dan perut tak nyaman. Pada beberapa orang, ketumbar juga bisa meningkatkan nafsu makan.

3. Mencegah rambut rontok
Ketumbar yang kaya vitamin K, C, dan A bisa bantu menumbuhkan rambut sekaligus menguatkannya.

Minum air ketumbar di pagi hari diyakini dapat mengurangi rambut rontok dan rambut patah. Cara lainnya adalah dengan mengaplikasikan minyak ketumbar ke kulit kepala.

4. Kurangi jerawat
Air ketumbar bisa bantu mengurangi jerawat, pigmentasi, dan bekas luka. Hal ini karena ketumbar kaya zat besi dan bersifat antijamur serta antibakteri. Nah, kalau kamu mau dapatkan kulit wajah sehat, lembut, dan cerah alami, coba rutin minum air ketumbar di pagi hari.

5. Bantu detoks tubuh
Ketumbar bersifat diuretik. Karenanya mengonsumsi air ketumbar bisa jadi cara untuk bantu tubuh mengeluarkan sisa-sisa racun yang ada.

Manfaat detoks ini sangat banyak. Kamu akan merasakan badan yang lebih segar dan berenergi.

Namun perlu diperhatikan, air ketumbar tak cocok dikonsumsi semua orang. Pengidap diabetes harus berhati-hati meminum air ketumbar di pagi hari. Sebab minuman herbal ini bisa mengurangi kadar gula darah yang mengarahkan pada kondisi hipoglikemia.

Cara membuat air ketumbar juga cukup mudah, rendam 1 sendok makan biji ketumbar semalaman di air minum, anda bisa mengkonsumsinya di keesokan harinya.

Selamat mencoba, semoga sehat selalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *