Pengadaan Seragam Batik Untuk SD dan SMP di Mojokerto Capai Rp 4,9 miliar

Indonewsdaily.com, Mojokerto – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mojokerto menganggarkan Rp 4,9 miliar untuk pengadaan baju seragam bagi siswa SD Negeri dan SMP Negeri pada tahun ini.

Kini pengadaan seragam sekolah jenis batik tradisional dengan nilai HPS Rp 4,3 miliar tersebut masih dalam tahap lelang.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Zainul Arifin menyebut bahwa pengadaan seragam batik tradisional tersebut adalah untuk menyambut Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada tahun ajaran baru bagi siswa SD dan SMPN.

“Siswa yang mengikuti pembelajaran PTM maupun Daring selama Pandemi tetap mengenakan seragam sekolah,” ungkapnya, Kamis (1/7/2021).

Pihaknya juga menambahkan jika motif seragam tersebut diambil dari kelompok guru prakarya (Kesenian) di Kabupaten Mojokerto dengan konsep khas Majapahit. Tujuannya adalah edukasi kepada siswa.

“Kita desain sendiri motif batik itu yang tentunya seputar Majapahit sebagai identitas asli Mojokerto. Sebagai penilaian dan penanaman karakter sehingga siswa mengenakan seragam secara psikologis akan berbeda saat mengikuti pembelajaran di sekolah,” jelas Zainul.

Sementara itu, Kabid Bagian Pendidikan Dasar (Dikdas) Dispendik Kabupaten Mojokerto, Mujiati memaparkan pengadaan seragam sekolah pakaian batik tradisional Majapahit akan diberikan pada siswa SD dan SMP Negeri. Nantinya, para siswa akan menerima dalam bentuk kain batik.

“Jumlah peserta didik SDN sebanyak 61.728 siswa masing-masing 1,50 meter dan SMPN 24.316 siswa mendapat 1,75 meter per siswa,” bebernya.

Dia menyebut Rencana Anggaran Biaya (RAB) pengadaan seragam sekolah batik tradisional SD senilai Rp. 4.999.954.500 dan SMP Rp. 1.999.991.000. Kain batik akan diberikan empat bulan mendatang.

“Desain batik dari salah satu guru prakarya belum ada nama karena memang belum dipatenkan asal sumber dana APBD dan distribusi kain batiknya jika proses lelang lancar diperkirakan awal Oktober,” pungkasnya.(man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *