PSSI Berharap Untuk Lebih Banyak Lagi Klub Yang Lolos Lisensi AFC

Indonewsdaily.com – Sebanyak 9 klub yang telah lolos lisensi AFC dan lisensi nasional tahun 2021. PSSI yang telah berharap ada lebih banyak klub yang bisa mendapat lisensi pada tahun 2022.

Proses Lisensi Klub 2021 yang telah dimulai sejak bulan April yang diawali dengan telah diakreditasinya masalah regulasi klub lisensi Klub oleh AFC. Kemudian dilanjutkan dengan seminar virtual serta asistensi dan kunjungan ke sekretariat klub dan stadion terkait.

Khusus 2021, setiap klub diwajibkan untuk memiliki dua jenis lisensi. Pertama Lisensi AFC dan kedua Lisensi Klub Nasional 2021.

Adapun sembilan klub yang lolos lisensi AFC dan nasional adalah Arema FC, Bali United FC, Bhayangkara FC, Borneo FC, Madura United FC, Persib Bandung, Persija Jakarta, Persebaya, dan PSM Makassar.

Jumlah ini merupakan peningkatan dibanding 2020 dimana cuma ada tujuh klub yang mendapat lisensi AFC. Tetapi ada juga penurunan jumlah klub yang mendaftar ikut program ini.

Pada 2020, semua klub Liga 1 mendaftarkan diri dengan mengajukan dokumen-dokumen pendukung. Sementara untuk 2021 ada beberapa klub yang tidak ambil bagian.

“Ada beberapa klub yang sama sekali tidak melakukan submit dokumen yang diperlukan. Kami berharap kedepannya semua klub memiliki kepedulian yang sama untuk dapat memaksimalkan lolos lisensi AFC,” kata Ketua Komite Lisensi Klub Timmy Setiawan, dalam rilis PSSI.

“Keputusan ini kami lakukan secara kolektif kolegial dan tantangan kedepannya semua ada jejak digital, termasuk dokumen yang diupload dan disubmit seluruhnya sudah serba digital. Semoga kedepannya proses dan klub yang lulus akan bertambah”, ujarnya.

Lisensi AFC adalah program tahunan dari Konfederasi Sepakbola Asia yang lisensinya menjadi bukti profesionalisme sebuah klub. Ada lima aspek yang ditetapkan AFC untuk menyatakan bahwa klub tertentu sudah dikelola profesional.

Kelima aspek tersebut mencakup sporting, infrastructure, personnel serta administration, legal, dan finance. Klub yang lolos kriteria juga berhak untuk ikut event-event AFC seperti Liga Champions Asia hingga Piala AFC.

Untuk Indonesia, AFC memberikan mandat ke PSSI untuk melakukan tugas verifikasi tersebut. Federasi Sepakbola Indonesia kemudian membentuk Club Licensing Committee PSSI yang khusus untuk mengurus masalah ini.

“PSSI mengucapkan terima kasih kepada seluruh klub Liga 1 yang memberikan waktu, tenaga dan pikirannya untuk tetap berusaha memenuhi persyaratan lisensi klub tahun ini,” tutur Manajer Klub Lisensi Putri Utomo.

“Walaupun di masa pandemi dan sepakbola kompetisi baru dimulai kembali, proses ini harus tetap dijalankan sesuai dengan amanat AFC demi menjaga nama Indonesia di kancah kompetisi klub sepakbola Asia,” ucapnya. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *