PT LIB Dilema Untuk Hadirkan Penonton di BRI Liga 1 2021

Sumber foto: bola.okezone.com

Indonewsdaily.com – PT Liga Indonesia Baru dilema mendatangkan penonton ke BRI Liga 1 2021. Hanya ada 1 stadion di Bali yang cocok untuk menggelar pertandingan dengan penonton.

Liga 1 dilanjutkan di Bali dan akan berlanjut di sana hingga akhir kompetisi. Stadion yang digunakan hanya tiga, yakni Stadion I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Ngurah Rai (Denpasar), dan Stadion Kompyang Sujana (Denpasar).

Dari ketiganya, hanya Stadion Kapten I Wayan Dipta yang layak menerima penonton. Sedangkan dua stadion lainnya belum memiliki nomor kursi.

Nomor kursi diperlukan untuk mengatur pertemuan massal di stadion. Di tengah situasi pandemi COVID-19, protokol kesehatan yang ketat harus dijalankan, salah satunya mengatur jarak antara penonton dengan nomor kursi.

Di sisi lain, Bali United tidak bisa bertahan di Stadion Kapten I Wayan Dipta selama perhelatan Liga 1 di Bali. Pasalnya, tidak ada tuan rumah yang bermain di kandang.

Situasi ini juga telah diterapkan pada seri Liga 1 sebelumnya. Misalnya Persita Tangerang yang tidak sempat bermain di Indomilk Arena atau PSS Sleman yang tidak bermain di Stadion Maguwoharjo.

Jika model itu diterapkan lagi, berarti Bali United akan menjadi satu-satunya klub yang tidak bisa bermain di pertandingan yang dihadiri penonton. Pasalnya, dua stadion tempat Bali United bertanding tidak memenuhi syarat untuk menggelar pertandingan dengan penonton.

“Kami komunikasikan dengan klub, kekhawatiran Bali United sebagai tuan rumah tidak bisa bermain di Stadion I Wayan Dipta, sedangkan penonton hanya boleh di Stadion I Wayan Dipta karena stadionnya berstandar (internasional),” kata Direktur Utama PT LIB. Akhmad Hadian Lukita mengatakan kepada wartawan.

“Kami masih berkomunikasi dengan klub-klub, termasuk Bali United dengan yang lain agar semua bisa mengikuti prinsip fairness. Yang jelas rencana masih terbuka, tapi kami belum komunikasikan secara detail,” imbuhnya.

Sementara itu, pemerintah sebenarnya telah memberikan lampu hijau bagi penonton untuk menghadiri acara olahraga, termasuk sepak bola. Laga Timnas Indonesia melawan Timor Leste pada 27 dan 30 Januari kini sudah mulai menjual tiket.

Izin pemerintah itu juga tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) terbaru nomor 2 tahun 2022 tentang PPKM tingkat 3.2 dan 1 di wilayah Jawa-Bali.

k = Keterbatasan kehadiran penonton di Liga 1 antara lain uji coba penonton hanya diadakan satu pertandingan per minggu, jumlah penonton maksimal 25 persen atau maksimal 5 ribu orang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *