Simak Ini 5 Buah yang Dapat Membantu Meredakan Flu dan Sesak Nafas

Indonewsdaily.com- Flu, batuk, dan pilek menjadi salah satu gejala awal seseorang terpapar Covid-19. Sebagian besar orang akan mengalami sesak nafas saat sedang menderita flu, efek lain yang lebih parah yakni mengalami anosmua atau hilangnya fungsi indera penciuman.

Untuk mencegah flu dan mengobatinya, kita tidak harus mengkonsumsi obat medis. Kita juga bisa mengatasinya dengan cara alami, salah satunya yakni dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Dilansir dari Eat First berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin yang ditemukan dalam buah mampu menjaga tingkat kekebalan tubuh sehingga ampuh melawan flu yang menyebabkan masalah pernapasan.

Berikut buah-buahan yang dapat membantu meredakan flu dan sesak nafas :

1. Buah kiwi
Buah kiwi mengandung vitamin C dan E yang membantu melawan patogen dan bakteri penyebab berbagai penyakit. Buah berdaging hijau ini juga mengandung potasium setara buah pisang, tetapi dengan kalori yang lebih rendah.

Dalam 100 gram buah kiwi mengandung vitamin C sebanyak 92,3 mg. Jumlah ini dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk. Salah satu fungsi vitamin C adalah memperkuat sistem imun.

Konsumsi kiwi secara rutin mampu mencegah flu, batuk dan gangguan pernapasan. Pada orang yang sakit, kiwi juga membantu meredakan flu dan meringankan hidung tersumbat.

2. Apel
Apel mengandung flavonoid, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Studi juga menemukan bahwa makan apel dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apel mengandung kalori, karbohidrat, vitamin dan mineral yang membuat tubuh tetap berenergi. Sebutir apel bahkan bisa menggantikan secangkir kopi di pagi hari.

3. Pisang
Pisang dapat membantu mengurangi kelelahan, depresi dan stres. Pisang juga tinggi vitamin dan mineral yang menjaga tulang tetap kuat. Makan pisang secara rutin juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit kardiovaskular termasuk penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
Apel bisa menjadi pengganti sarapan atau camilan bagi orang yang menderita flu. Nafsu makan cenderung menurun selama mengalami flu, dengan makan pisang tubuh akan tetap mendapat asupan nutrisi.

4. Jeruk
Penelitian telah menunjukkan bahwa makan buah yang kaya vitamin C akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah timbulnya pilek dan flu. Jangan khawatir mengalami overdosis vitamin C karena tubuh tidak dapat menyimpan vitamin C.

Ketika kebutuhan vitamin C harian sudah terpenuhi maka tubuh akan membuang kelebihan vitamin C ini lewat urine. Konsumsi berbagai jenis jeruk yang kaya akan vitamin C. Jenis jeruk bali, jeruk manis, lemon atau jeruk nipis bisa menjadi alternatif santapan setiap hari.

5. Semangka
Dibalik rasa manis dan menyegarkan, semangka ternyata dapat anda andalkan untuk menghindari tubuh, hal itu dikarenakan semangka mengandung banyak air. Semangka juga merupakan sumber likopen yakni antioksidan yang membantu mencegah berbagai penyakit.

Nutrisi pada buah semangka dapat membantu mengurangi peradangan, seperti peradangan pada saluran pernafasan, selain itu semangka juga dapat mencegah infeksi pernafasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *