Tak Banyak yang Tahu, Ini 5 Manfaat Cabe untuk Kesehatan Tubuh

Indonewsdaily.com – Kabar baik untuk anda semua para pecinta makanan pedas, cabai ternyata punya segudang manfaat kesehatan untuk tubuh lho, mulai dari menyehatkan pernapasan, mencegah kanker paru-paru dan meredakan asma.

Dilansir dari Times Now News (2/9) sudah banyak penelitian soal kandungan capsaicin dalam cabe yang terbukti baik untuk kesehatan. Selain menyehatkan saluran pernapasan, cabai juga dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan seperti menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan kekebalan tubuh, dan membantu penurunan berat badan.

Berikut 5 manfaat cabai bagi kesehatan :

1. Menurunkan resiko kanker paru-paru
Sebuah penelitian terbaru menemukan fakta bahwa cabai dapat membantu memperlambat penyebaran kanker paru-paru. Bahkan menurunkan resiko penyebaran sel kanker pada otak maupun hati.

Sebagian besar kematian yang terkait dengan kanker terjadi ketika sel-sel kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh, proses itu disebut metastasis. Kanker metastatik terkenal sulit diobati dibandingkan dengan kanker yang belum menyebar.

“Studi kami menunjukkan bahwa senyawa alami capsaicin dari cabai dapat mewakili terapi baru untuk memerangi metastasis pada pasien kanker paru-paru,” kata Jamie Friedman, peneliti di laboratorium Piyali Dasgupta, Sekolah Kedokteran Universitas Marshall Joan C. Edwards.

2. Menurunkan berat badan
Meskipun makanan pedas membuat nafsu makan meningkat tapi efeknya justru membuat badan lebih langsing. Kandungan capsaicin terbukti menurunkan nafsu makan serta meningkatkan aktivitas pembakaran lemak.

Efek makanan pedas dalam tubuh membuat metabolisme lebih lancar sehingga berefek positif pada penurunan berat badan. Makanan pedas juga membuat tubuh berkeringat dan mengeluarkan racun dalam tubuh.

Tapi perlu diperhatikan, tetap kontrol porsi cabai yang ditambahkan dalam makanan agar tak menimbulkan masalah pada pencernaan.

3. Menjaga kesehatan jantung
Sebuah studi menunjukkan bahwa cabe, termasuk jenis cabe rawit, jalapenos dan habanero dapat membantu melindungi kesehatan jantung. Selain itu, berbagai masalah penyakit kardiovaskular juga bisa dicegah.

4. Pereda nyeri
Cabai membantu melepaskan hormon endorfin dalam tubuh, hormon ini berperan sebagai pereda nyeri alami. Zat capsaicin dalam cabai bekerja sama dengan reseptor rasa sakit. Kemudian akan muncul sensasi panas dari cabe yang membantu ujung saraf berhenti mengirim sinyal rasa sakit.

Beberapa produk pereda nyeri sengaja dibuat dengan tambahan zat capsaicin. Sebut saja krim atau plester untuk membantu mengatasi nyeri sendi serta cedera. Tapi bukan berarti penggunaan cabai bisa dioleskan pada kulit atau luka, hal ini justru berbahaya.

5. Melancarkan pencernaan
Ketika capsaicin masuk ke dalam pencernaan, saraf-saraf yang ada di saluran pencernaan akan menghasilkan anandamide. Anandamide merupakan senyawa kimia yang membantu mengurangi inflamasi alias peradangan, termasuk yang sering terjadi akibat tukak lambung.

Konsumsi cabe dalam porsi tepat juga membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit. Namun ketika konsumsinya berlebihan maka cabe justru berpotensi menyebabkan diare karena infeksi pada saluran cerna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *