Beberapa Pemain Yang Bikin Borussia Dortmund Untung Besar

Jadon Sancho yang akhirnya bisa dibeli oleh Manchester United dari klub Borussia Dortmund. Klub Jerman ini memang terkenal pintar betul buat bisnis jualan pemain, belinya murah jualnya sangat mahal!

Manchester United akhirnya berhasil mendapatkan Jadon Sancho. Winger muda itu telah ditebus seharga 85 juta Euro atau setara Rp 1,4 triliun dan telah dikontrak selama lima tahun.

“Manchester United dengan senang hati telah mengumumkan mencapai sebuah kesepakatan prinsip dengan Borussia Dortmund untuk masalah transfer Jadon Sancho,” tulis keterangan resmi MU.

Jadon Sancho yang telah menjadi satu lagi bukti bisnis pintar klub Borussia Dortmund. Klub Bundesliga ini memang terkenal sangat suka menjual pemain dengan harga yang selangit, yang dulunya dibeli cuma dengan harga murah dari klub-klub.

Sancho sendiri telah direkrut Dortmund dari klub rival MU yakni Manchester City pada tahun 2017 lalu dengan harga cuma 7 juta Pounds atau setara Rp 160 miliar.

Menang banyak kan Dortmund dari penjualan Sancho?

Dilansir detikSport dari berbagai sumber, sebelumnya Borussia Dortmund yang sudah melakukan hal serupa dengan pemain lain. Dortmund bahkan pernah menjual Christian Pulisic ke Chelsea pada tahun 2019 dengan harga 64 juta Euro atau setara Rp 1,1 triliun.

Dortmund sendiri yang waktu itu hanya mendapatkan Christian Pulisic dengan harga gratis. Pulisic merupakan pemain akademi yang memang telah memilih Dortmund sebagai tim pertama saat dirinya memulai karier di benua Eropa dari AS pada tahun 2015.

Sebelumnya lagi, Ousmane Dembele yang telah dibeli oleh Barcelona dari Dortmund pada tahun 2017 seharga 135 juta Euro atau setara Rp 2,3 triliun.

Tahun 2016, Dortmund yang saat itu juga membeli Dembele dari klub asal Prancis, Stade Rennais yang hanya seharga 15 juta Euro atau setara Rp 258 miliar.

Belum lagi, Borussia Dortmund juga pernah menjual bintang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang ke Arsenal di tahun 2018. Harganya juga sangat tinggi mencapai 63 juta Euro atau setara Rp 1 triliun.

Padahal, Aubameyang saat itu dibeli dari klub Prancis, Saint-Etienne hanya seharga 13 juta Euro atau setara Rp 224 miliar.

Jadi memang, Dortmund tahu betul cara pintar jual pemainnya dan mendidik pemain murah dan menjadikannya sebagai pemain bintang masa kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *