Berikut 7 Makanan yang Bisa Meningkatkan Daya Ingat

Indonewsdaily.com- Sering lupa di mana menaruh kunci, kapan ulang tahun pasangan, atau lupa membawa tas? Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mengganggu, mengesalkan, bahkan mengkhawatirkan. Ternyata selain faktor umur, masih banyak berbagai sebab kamu bisa menjadi pelupa.

Siapa pun pasti pernah mengalami lupa, hal ini kerap kita alami ketika kelelahan, banyak pekerjaan, atau terlalu asyik melakukan hal lain. Anak muda dan orang sehat pun dapat sering lupa, mulai dari hal-hal kecil hingga besar, seperti lupa menaruh barang atau bahkan tenggat waktu pekerjaan.

Sejumlah metode pun dilakukan seseorang agar tidak lupa akan suatu hal, misalnya membuat memo, memasang alarm pengingat, dan lain sebagainya. Namun tahukah kamu bahwa sejumlah makanan sehari-hari juga dapat membantu kita meningkatkan daya ingat lho.

Melansir dari laman magforwoman, berikut adalah makanan yang dapat meningkatkan daya ingat :

  1. Ikan
    Ikan berminyak apa pun kaya akan asam lemak Omega-3 yang penting untuk sistem saraf yang sehat. Dari meningkatkan ingatan hingga meningkatkan pengambilan keputusan dan keterampilan memecahkan masalah.
  2. Blueberry
    Banyak penelitian telah dilakukan yang menunjukkan bahwa blueberry dapat memberikan peran besar dalam memastikan pikiran yang sehat dan meningkatkan daya ingat. Hal itu dikarenakan, blueberry mengandung fitokimia yang dapat meningkatkan daya ingat, selain itu blueberry juga mengandung antioksidan yang sehat yang dapat membantu melawan penuaan serta pikun.
  3. Tomat
    Seperti halnya blueberry, tomat juga mengandung antioksidan likopen yang dapat mencegah timbulnya demensia. Selain itu, ini juga merupakan sumber yang kaya vitamin dan mineral sehingga memiliki efek yang baik secara keseluruhan pada tubuh.
  4. Bayam
    Bayam kaya akan asam folat yang diyakini dapat melindungi orang dari Alzheimer dan juga mengandung antioksidan penting lainnya, sehingga dapat membantu anda melawan lupa.
  5. Apel
    Makanlah buah apel setiap hari satu buah. Jika benar-benar peduli dengan ingatan Anda, jangan membuat kesalahan dengan membuang kulit buah karena mengandung dua antioksidan, quercetin dan antosianin, selain sebagai gudang vitamin dan mineral lainnya.
  6. Brokoli
    Ini adalah sumber asam folat dan quercetin yang berdampak positif pada memori. Brokoli juga mengandung banyak vitamin K yang meningkatkan kekuatan otak.
  7. Produk susu
    Jika anda ingin terlepas dari ‘lupa’, maka susu adalah hal yang harus anda konsumsi setiap hari, karena susu sangat kaya akan vitamin D dan kalsium yang merupakan bahan penyusun tubuh. Mereka juga mengandung tirosin dan triptofan yang merupakan neurotransmitter yang penting untuk proses berpikir yang lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *