Cal Crutchlow Resmi Gantikan Posisi Vinales di Yamaha

Indonewsdaily.com – Cal Crutchlow yang saat ini telah ditunjuk oleh Yamaha untuk menggantikan Maverick Vinales untuk gelaran MotoGP Inggris 2021. Rider berusia 35 tahun itu telah kembali membalap dengan tim pabrikan setelah 7 tahun lamanya.

Kabar ini telah diumumkan oleh Yamaha pada hari Jumat (20/8/2021), beberapa jam setelah berita perpisahan dengan Vinales. Sebagai test rider Yamaha musim ini, penunjukan pembalap Crutchlow memang sudah bisa diprediksi sebelumnya.

“Sebuah privilese untuk menjadi bagian dari Yamaha. Saya yang seharusnya hanya melakukan tiga kali balapan untuk Petronas Yamaha SRT, namun rencana telah berubah. Saya saat ini amat berterima kasih kepada mereka, dan tidak sabar untuk membalap berharap tim pabrikan Yamaha,” ujar Crutchlow, dikutip akun resmi Yamaha.

Crutchlow yang sebelumnya memang hanya dipersiapkan sebagai pengganti dari pembalap Franco Morbidelli yang telah mengalami cedera lutut. Ia diperkirakan akan tampil di tiga seri bersama tim Petronas Yamaha, dan sudah menuntaskan dua seri (GP Styria dan GP Austria).

Namun terkait situasi konflik Yamaha dan Vinales yang semakin memanas dalam dua pekan terakhir, membuat kedua pihak telah memutuskan untuk berpisah lebih cepat. Setelah hanya menurunkan pembalap Fabio Quartararo di gelaran MotoGP Austria pekan lalu, Yamaha yang telah bergerak cepat menunjuk Crutchlow.

Ini telah menjadi kali kedua Crutchlow turun dengan tim pabrikan selama ini. Selama aktif di MotoGP pada 2011-2020, hanya semusim ia telah membalap dengan tim pabrikan, yakni ketika bersama Ducati pada 2014.

Sisanya, ia yang selalu membela tim satelit seperti Tech 3 dan LCR, meski bersama nama terakhir, statusnya adalah pembalap yang telah dikontrak oleh Honda. Sejauh ini, Yamaha yang baru menunjuk Crutchlow untuk membalap di gelaran MotoGP Inggris saja pada tanggal 29 Agustus.

Apakah ia akan menjadi pengganti tetap Vinales sampai akhir musim, hal tersebut juga masih belum dipastikan oleh Yamaha. Sementara itu, untuk pengganti sementara Morbidelli, Petronas Yamaha saat ini telah mempromosikan Jake Dixon dari Moto2.

Dixon adalah pembalap aktif di Petronas Sprinta Racing, yang juga dalam naungan Sepang Racing Team. Ia juga orang Inggris seperti halnya Crutchlow. Di gelaran Moto2 musim ini, ia yang baru mengumpulkan 21 poin dari 11 seri, dengan catatan terbaik finish ketujuh di Moto2 Qatar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *