Ini Manfaat Jika Rutin Konsumsi Seduhan Kayu Manis untuk Kesehatan Tubuh

Indonewsdaily.com – Kayu manis merupakan salah satu rempah-rempah yang memiliki aroma khas. Selain dijadikan sebagai bumbu masakan dan campuran bahan kue, kayu manis juga dapat diolah menjadi minuman menyehatkan yang dapat menjaga imunisasi tubuh lho.

Dilansir dari Well Good (1/8), kombinasi kayu manis dan air sangatlah baik karena di dalamnya mengandung nutrisi penting, seperti vitamin D dan kalsium. Selain itu, dalam 100 gram kayu manis segar mengandung kalori sebanyak 6 kcal, karbohidrat 2 gram, serat 1 gram, kalsium 26 mg, potasium 11 mg, magnesium 2 mg, fosfor 2 mg, vitamin A, dan vitamin K, seperti dikutip dari Everyday Health (17/8).

Serena Poon selaku ahli gizi dan selebriti chef menjelaskan kalau racikan air kayu manis ini tak hanya baik untuk menghidrasi tubuh saja, tapi kamu bisa merasakan manfaat dari zat antioksidan, anti-inflamasi, dan antikanker.

“Menambahkan kayu manis ke dalam air tidak hanya meningkatkan hidrasi pada tubuh dan rasanya enak saja, tapi itu juga bisa memberikan beberapa manfaat, seperti terdapat zat antioksidan, anti-inflamasi, antikanker, mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan kadar kolesterol, hingga dapat menurunkan berat badan,” jelas Poon.

Karena mengandung antioksidan dan mampu menjaga metabolisme tubuh, membuat campuran air dan kayu manis dapat dikonsumsi secara rutin. Tak hanya itu, mengkonsumsi campuran air dan kayu manis secara rutin ternyata dapat membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan lho.

Jika anda mengkonsumsi kayu manis untuk menurunkan berat badan, lanjut Poon, sebaiknya anda mengkonsumsinya pada malam hari. Air kayu manis juga baik dikonsumsi pagi hari untuk memperlancar pencernaan.

Untuk membuat racikan air kayu manis ini sangatlah sederhana. Kamu hanya memerlukan satu sampai dua batang kayu manis segar dan air secukupnya. Rebus keduanya bersamaan selama 10 menit hingga warnanya kecokelatan. Setelah itu tuang ke dalam gelas saji dan buang kayu manisnya. Diamkan beberapa saat sampai air racikan kayu manis agak dingin atau hangat sebelum dikonsumsi.

Racikan air kayu manis juga bisa dibuat menggunakan bubuk kayu manis. Kamu cukup menambahkan setengah sendok teh bubuk kayu manis dan rebus bersama air. Tambahkan satu sendok makan madu agar rasanya makin nikmat, seperti dikutip dari Foods Guy (4/2).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *