Gunung Semeru Kembali Erupsi, Warga Bersama Relawan Bahkan Tim SAR Gabungan Berlarian Menyelamatkan Diri

Indonewsdaily.com, Lumajang – Para Tim Relawan baik dari unsur TNI, Polri, Basarnas bahkan warga sekitar pagi tadi dikejutkan adanya erupsi kedua dari Gunung Semeru. Mereka berlarian menyelamatkan diri.

Erupsi gunung Semeru terjadi kedua kalinya, Senin (6/12/2021) sekitar pukul 07.53 WIB. Hal itu membuat sejumlah relawan yang berusaha mengevakuasi korban langsung turun ke tempat lebih aman.

Para relawan yang turun itu terekam video amatir. Mereka berlarian menghindari erupsi Gunung Semeru itu.

Salah satu relawan Baret Nasdem Jember, Radit, menceritakan, saat terjadi guguran awan panas itu sejumlah relawan berada di Dusun Curahkobokan, Desa Supit Urang, untuk melakukan evakuasi.

“Kita berlari untuk turun dari pembersihan lokasi. Kabutnya tebal, erupsi lagi, erupsi lagi” terang Radit dalam video tersebut.

Sementara itu, menurut Sofa Marwa (38), warga Desa Supiturang, pada Senin pagi tampaak awan hitam pekat keluar dari puncak Gunung Semeru.

Sofa dan sejumlah warga pun menjadi panik. Dirinya sempat mengajak warga untuk menyelamatkan diri.

“Ayo, ayo cepat, bahaya ini,” kata Sofa.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menginformasikan jika Gunung Semeru kembali mengalami erupsi pada Senin pagi.

Erupsi susulan di Gunung Semeru terekam dari seismograf dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 480 detik.

“Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Senin, 06 Desember 2021, pukul 08:55 WIB. Visual letusan tidak teramati,” tulis PVMBG melalui akun Twitter @PVMBG.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *