Hujan Lebat Hampir 2 Jam di Kota Malang, Beberapa Titik Jalan Banjir

Indonewsdaily.com, Malang- Hujan lebat yang menguyur wilayah Kota Malang berlangsung hingga 2 jam lebih, membuat beberapa titik di kawasan kota banjir khususnya di Jalan Kedawung dan meluber ke jalan Letjen Sutoyo Kota Malang, Selasa (19/10/2021).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi, mengatakan bahwa mayoritas banjir yang melanda hingga setinggi mata kaki hingga betis orang dewasa.

“Banjir terjadi di banyak titik. Dari laporan yang kami terima, tingginya se mata kaki hingga betis orang dewasa,” terangnya ketika dihubungi lewat sambungan telefon.

Lokasi yang terlihat lumayan parah, terlihat di kawasan sepanjang Jalan Ciliwung, Jalan Letjen Sutoyo dan sekitar Jalan Kedawung. Di titik tersebut, kendaraan hingga terhenti dan tidak bisa berjalan.

“Di daerah tersebut sebagian besar jalan tergenang luapan air dari gorong-gorong akibat hujan,” sambungnya

Sepanjang Jalan Letjen Sutoyo dari arah selatan ke utara juga mengalami banjir parah yang disebabkan sungai di sisi sebelah barat meluap tidak dapat menampung air hujan hingga menggenangi jalan yang diperkirakan setinggi lutut orang dewasa.

Selain itu, di Jalan Ikhwan Ridwan Rais di wilayah Kecamatan Klojen, Kota Malang juga mengalami banjir di beberapa ruas gang kecil. Kemudian di daerah Kelurahan Purwantoro mulai dari wilayah RW 5, 7, 8, 17, dan 18 mengalami banjir yang disebabkan sungai meluap karena tidak dapat menampung air hujan. Alhasil terdapat sepeda motor yang mengalami mati mesin karena banjir sempat mengalami tinggi hingga satu meter lebih. 

Namun, sekitar pukul 15.30 WIB di beberapa ruas jalan yang mengalami banjir sudah mulai surut. Salah satunya di Jalan Letjen Sutoyo di ruas jalan sisi barat dari arah selatan ke utara saat ini sudah mulai surut dan petugas BPBD Kota Malang dan Satlantas Polresta Malang Kota mulai melakukan pengaturan lalu lintas di kawasan tersebut.

Sementara itu, dengan telah mulainya hujan yang turun di Kota Malang, pihaknya mengimbau agar masyarakat tetap waspada dengan kondisi alam saat ini. Mulai dari persiapan jas hujan saat berkendara dan vitamin serta istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi tubuh. 

“Kemudian menghindari area-area banjir dan area yang berpotensi menyebabkan bencana, serta jangan membuang sampah sembarangan,” pungkas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *