Ini Sederet Manfaat Gowes Bagi Kesehatan

Indonewsdaily.com – Selain menjadi aktifitas fisik yang menyenangkan, ternyata bersepeda di luar ruangan dapat menurunkan berat badan. Mengingat bersepeda di luar ruangan dapat memompa jantung, membangun otot, meningkatkan metabolisme, dan menghilangkan stres yang mendukung penurunan berat badan yang sehat.

Bersepeda di luar ruangan juga merupakan aktivitas aerobik yang dapat dianggap sebagai latihan intensitas sedang atau tinggi, -tergantung pada seberapa cepat kita mengayuhnya.

Menurut penuturan pelatih pribadi sekaligus spesialis perawatan dan pendidikan diabetes (CDCES) di Sweat Fitness Studios di Chicago, Sara Fruendt.

“Aktivitas ini juga lebih baik pada persendian dan bagus untuk atlet yang pulih dari cedera,” sambung dia.

Naik sepeda di dalam ruangan mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat, akan tetapi bersepeda di luar ruangan sepertinya akan jauh lebih efektif.

“Bersepeda dalam ruangan memungkinkan kita melihat penanda seperti jarak, waktu, dan hambatan, tetapi mengharuskan kita secara mandiri mengubah pengaturan ini,” kata Fruendt.

“Sementara, di luar ruangan kita bersepeda dengan medan alami dan dihadapkan pada tanjakan yang berbeda,” lanjut dia.

Berdasarkan penelitian populasi yang diterbitkan dalam Obesity Facts pada tahun 2018 menemukan, wanita yang bersepeda lebih dari 1,5 jam per minggu dikaitkan dengan penurunan berat badan sekitar 1,3 kg dan dua persen lebih sedikit lemak tubuh.

“Kalori tambahan yang terbakar dari mengendarai sepeda berkontribusi pada penurunan berat badan,” ujar dia.

Manfaat lain bersepeda di luar ruangan

Salah satu manfaat utama dari aktivitas fisik yang teratur yakni mampu membantu kita tidur lebih nyenyak dan dapat mengelola stres.

Tidur yang baik membantu mengatur hormon rasa lapar, sementara menggunakan strategi pengurangan stres dapat membantu mencegah kita beralih ke makanan setiap kali merasa kewalahan.

“Udara segar dan perubahan pemandangan juga sangat baik untuk kesehatan mental kita,” kata Fruendt.

“Maka, bersepeda bisa menurunkan tingkat stres dengan meningkatkan endorfin dan bersepeda di luar ruangan memberikan dosis harian vitamin D,” imbuh dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *