Jaga Kesehatan Paru-paru dengan Konsumsi 7 Buah Ini

Indonewsdaily.com, Jakarta- Pandemi yang masih berlangsung membuay masyarakat harus pandai menjaga kondisi tubuh. Kondisi tubuh yang sehat tidak mudah sakit, namun jika kondisi tubuh kurang fit ada baiknya istirahat sejenak.

Menjaga tubuh bukn hanya organ luar, tapi organ dalam seperti paru-paru juga patut dijaga. Paru-paru yang sehat membuat napas lega dan lancar.

Menjaga kesehatan paru-paru bisa dengan menjaga pola makan dan gaya hidup. Penyakit seperti kanker paru, pneumonia hingga asma dapat menggangu kenyamanan bernapas. Jika sudah parah, solusinya adalah menggunakan bantuan oksigen tambahan.

Dengan paru-paru yang sehat, kamu bisa bernapas dengan lega. Selain itu, hal ini juga membantu mengurangi risiko terpapar virus covid-19.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut buah yang bisa menjaga kesehatan paru-paru.

  1. Apel
    Apel punya segudang manfaat kesehatan, termasuk untuk menjaga kesehatan paru-paru. Dalam apel segar mengandung banyak vitamin C yang erat kaitannya dengan nutrisi penangkal flu, termasuk batuk dan pilek.

Vitamin C merupakan nutrisi yang baik untuk kesehatan paru-paru. Vitamin C dalam apel juga mencegah dan mengendalikan gejala asma. Sebuah penelitian yang dilakukan pada ibu hamil menunjukkan konsumsi apel menurunkan risiko anaknya mengalami gejala asma. Jadi apel termasuk buah yang baik dikonsumsi oleh semua kalangan.

Sebelum mengonsumsi apel, pastikan untuk mencuci sampai bersih di bawah air mengalir.

  1. Nanas
    Nanas juga memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan paru-paru. Buah ini mengandung antioksidan yang tinggi sehingga berguna untuk membersihkan zat berbahaya dalam paru-paru.

Kamu bisa mengonsumsi nanas segar ataupun dalam bentuk jus. Jika mengolah nanas sebagai jus, jangan gunakan gula tambahan. Kamu bisa menggantinya dengan madu. Rasa nanas yang manis asam juga dapat menyegarkan tubuh setelah beraktivitas.

  1. Tomat
    Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi dalam tomat diklaim dapat membersihkan sistem pernapasan dengan baik. Konsumsi tomat secara rutin dapat melancarkan sistem pernapasan terutama bagi perokok.

Tomat bisa dimakan langsung, dibuat minuman ataupun dicampurkan dalam masakan. Tomat juga mengandung likopen yang baik untuk kesehatan kulit sehingga membuatnya tampak segar dan halus.

  1. Blueberry
    Blueberry juga mengandung antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi. Buah bulat kecil yang memiliki warna gelap ini dipercaya mampu memberantas kerusakan radikal bebas yang bisa menyerang paru-paru.

Blueberry punya rasa enak dan bisa dijadikan berbagai olahan. Meskipun harganya agak tinggi, tapi sebanding dengan khasiat yang didapatkannya. Antioksidan dalam blueberry juga membantu membuang racun dalam tubuh.

  1. Delima
    Buah satu ini dikenal sebagai buah anti kanker paru-paru, terutama bagi perokok aktif. Buah delima dipercaya bisa mencegah timbulnya penyakit kronis dan berfungsi untuk menghambat tumbuh kembangnya sel-sel kanker.

Sebuah penelitian menyebutkan buah delima segar ini memiliki ekstrak yang efektif dan terbukti menghambat tumor hingga kanker paru-paru. Jangan ragu konsumsi delima meskipun tak ada masalah pada paru-paru kamu

  1. Anggur
    Anggur segar yang dikonsumsi setiap hari bisa membantu membersihkan paru-paru. Kandungan mineral dan vitamin pada anggur bisa membersihkan organ paru-paru dengan efektif dan mencegah timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh.

Buah anggur terkenal akan kandungan antioksidannya yang kuat. Hal ini lah yang dipercaya bahwa buah anggur dapat mencegah berbagai penyakit kronis.

  1. Pisang
    Buah yang memiliki warna kulit kuning ini dipercaya mampu membersihkan paru-paru. Kandungan kalium dalam pisang membantu percepat proses pembersihan paru-paru dalam tubuh.

Pisang juga mengandung potasium yang penting untuk menjaga fungsi jantung dan sirkulasi darah. Sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dengan kandungan nutrisi dari pisang. Selain makan buah, kamu juga perlu menjaga lingkungan agar tetap mendapat udara segar, menjauhi asap rokok dan menerapkan pola hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *