Viral Diet Kopi Campur Lemon, Ini Penjelasan Menurut Ahli Nutrisi dan Fisiologi

Indonewsdaily.com – Belakangan ini para pengguna aplikasi Tiktok tengah ramai mencoba diet dengan minum kopi dicampur lemon, netizen mengklaim campuran tersebut dapat membakar lemak lebih baik dan bikin cepat kurus.

Di dalam video yang beredar dijelaskan ramuan dibuat dengan mencampur satu sendok makan kopi, setengah potong perasan air lemon atau jeruk nipis, dan air hangat. Ramuan tersebut lalu harus diminum setiap hari secara rutin.

“Lemak jahat di perut luntur minum ini setiap pagi,” tulis salah satu pengguna TikTok.

Seorang ahli nutrisi dan fisiologi Mayur Ranchordas dari Sheffield Hallam University pun angkat bicara terkait metode diet yang tengah viral itu. Ia mengatakan bahwa kafein dan lemon tidak berperan dalam pembakaran lemak dan penurunan berat badan. Kafein yang ada pada kopi memang bisa meningkatkan metabolisme, namun dampaknya tidak akan terlalu signifikan.

“Ini cuma bualan besar… Dari sisi keilmuwan, tidak ada makanan yang bisa berdampak langsung membakar lemak. Tidak ada yang bisa,” kata Mayur seperti dikutip dari The Sun.

Bila seseorang serius ingin memangkas berat badan, maka cara yang paling disarankan menurut Mayur adalah dengan mengendalikan kalori dari diet dan rutin olahraga. Target utamanya agar asupan kalori tidak melebihi kebutuhan tubuh sehingga malah disimpan jadi cadangan lemak.

Menurut Mayur, tren-tren di media sosial biasanya hanyalah trik yang digunakkan untuk menjual produk tertentu saja.

“Banyak orang yang ingin kurus, punya perut ramping, dan tampil menarik. Karena itu mudah mengambil perhatian orang dengan kata-kata ‘cukup minum ini maka kamu akan berhasil,'” pungkas Mayur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *