Jangan Asal Minum Kopi, Perhatikan 3 Kesalaham Minum Kopi yang Dapat Menurunkan Fungsi Otak

Indonewsdaily.com – Minum kopi memang dapat memberikan manfaat baik pada kesehatan tubuh, hal itu karena di dalamnya mengandung zat antioksidan yang tinggi.

Kalau diminum dengan cara yang tepat, kopi bisa meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu bisa juga digunakan sebagai minuman pembakar lemak dan baik untuk kesehatan otak.

Namun sebaliknya, jika dikonsumsi dengan cara yang salah kopi justru dapat menyebabkan masalah kesehatan pada otak. Sebagaimana dilansir dari Live Strong (24/8), berikut 3 kesalahan minum kopi yang harus anda hindari agar tidak sampai terkena dampak buruk :

1. Minum Kopi Berlebihan
Walaupun menyehatkan, namun ada batasan tertentu dalam mengonsumsi kopi. Menurut Mayo Clinic, batas mengonsumsi kafein yang aman untuk tubuh sebagian orang dewasa sebanyak 400 miligram atau sekitar 4 cangkir kopi per harinya.

Jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi atau melebihi batas asupan normal karena dapat merusak otak. Ada sebuah studi yang diterbitkan oleh Nutritional Neuroscience pada Juni 2021 lalu, yang menemukan kalau minum kopi 6 cangkir atau lebih dapat meningkatkan risiko demensia.

2. Minum Kopi Larut Malam
Salah satu manfaat dari minum kopi adalah dapat meningkatkan energi. Untuk merasakan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsinya di pagi hari.

Kesalahan besar kalau kamu berpikir dapat merasakan peningkatan energi dari minum kopi di malam hari. Karena, minum kopi di malam hari malah membuatmu jadi terjaga sehingga kualitas tidur jadi terganggu.

Nina Riggin selaku Direktur Headache and Traumatic Brain Injury Center di University of California San Diego menjelaskan kalau kualitas tidur yang terganggu berdampak buruk untuk kesehatan otak. Karena, keesokan harinya pasti akan membuatmu susah berkonsentrasi dan tingkat kewaspadaan menjadi menurun.

3. Pakai Gula Terlalu Banyak
Memberikan tambahan terlalu banyak gula pada kopi justru akan memberikan dapat tidak baik pada kesehatan tubuh.
Pada sebuah studi di tahun 2019 yang diterbitkan oleh Clinical Interventions in Aging, menyebutkan bahwa kandungan gula dalam kopi dapat merusak manfaatnya, termasuk fungsi kognitif yang buruk.

Apalagi jika dikonsumsi oleh orang yang memiliki kadar gula darah tinggi, menambahkan gula berlebihan pada kopi dapat mengecilkan otak dan membuat pembuluh darah mengecil, seperti dikutip dari Harvard Medical School.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *